Prabowo hingga Megawati Hadiri HUT ke-78 RI di Istana Merdeka

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para pejabat negara sudah tiba di Istana Merdeka Jakarta pada pukul 08.30 WIB. Mereka datang dengan mengenakan baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2023, 09:50 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 09:50 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri datang ke HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan menggenakan kebaya merah.
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri datang ke HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan menggenakan kebaya merah. (Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat negara menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023). Mulai dari, presiden dan wakil presiden RI terdahulu, menteri kabinet Indonesia Maju, hingga pimpinan lembaga tinggi negara.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para pejabat negara sudah tiba di Istana Merdeka Jakarta pada pukul 08.30 WIB. Mereka datang dengan mengenakan baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Misalnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memakai baju adat dari Provinsi Bali. Kemudian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang memakai baju dari Provinsi Lampung.

Sementara itu, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Merdeka pada pukul 09.13 WIB. Prabowo yang juga memakai baju adat datang bersama putranya, Didit Hediprasetyo.

Kemudian hadir pula Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang datang memakai kebaya bewarna merah. Dia hadir bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.

Lalu, tampak Wakil Presiden keenam, Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11, Boediono dan Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla. Ada pula Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Seskab Pramono Anung, Ketua KPK Firli Bahuri, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Ketua BPIP Yudian Wahyudi, Ketua MK Anwar Usman.

Lalu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, hingga Mantan Menparekraf Wishnutama. Mereka datang bersama dengan mengenakan baju adat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Solo, Jawa Tengah saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Jakarta, Kamis (17/8/2023). Baju adat ini dipakai

"Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng," demikian rilis yang disampaikan Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023).

Adapun Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono SurakartaHadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Jokowi terlihat memakai kemeja putih yang dilapisi jas bewarna hitam. Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi bewarma hitam serta selendang bewarna emas dan kain merah di tuksedo hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peringatan Detik-Detik Proklamasi Akan Dilaksanakan Pukul 08.30 WIB

Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Kentung)

Sebagai informasi, rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka akan dimulai Kamis (17/8/2023), pukul 08.30 WIB. Acara akan dimulai dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Kemudian, pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Adapun upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 15.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WIB.

Dalam surat edaran ini, upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka.Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara.

Adapun pihak Istana mengundang 16.000 tamu undangan untuk hadir pada perayaan HUT ke-78 RI. Sebanyak 8.000 tamu untuk upacara pagi hari, dan sisanya pada upacara penurunan bendera sore hari.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya