Museum Nasional Ditutup Sementara Imbas Kebakaran

Bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket untuk berkunjung ke Museum Nasional, maka akan dikembalikan.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 17 Sep 2023, 08:43 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 08:43 WIB
Kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah
Kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Erina Putri)

Liputan6.com, Jakarta - Situasi di Museum Nasional Indonesia (MNI) saat ini sudah terkendali usai api berhasil dipadamkan semalam, Sabtu, 16 September 2023. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan, pihaknya berhasil menyelamatkan benda-benda bersejarah akibat kebakaran tersebut.

"Berkat respons cepat dari seluruh pihak, kami berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah yang terdampak. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," jelas Ahmad Mahendra dalam siaran persnya, Minggu, (17/9/2023).

Ahmad mengatakan, area yang terdampak di bagian belakang Gedung A tidak menyebar luas, sehingga ruangan-ruangan lain di Gedung A, Gedung B, dan Gedung C beserta isinya dipastikan aman.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, bahwa tidak ada korban jiwa. Atas kejadian ini dan prioritas utama BLU MCB saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," jelas Mahendra.

Sebagai langkah pencegahan tambahan, Museum Nasional akan sementara ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan.

Sementara bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket untuk berkunjung ke museum ini, maka akan dikembalikan. 

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," terang Mahendra.

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," kata Mahendra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bentuk Tim Khusus Selamatkan Benda Bersejarah

Sesuai instruksi Mendikbudristek malam hari Sabtu, (17/9/2023), BLU MCB telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak kebakaran.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," tutup Mahendra.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya