Khidmatnya Misa Natal di Gereja Katedral, Ingatkan Anak-Anak Peduli Sesama

Misa di Gereja Katedral Jakarta berlangsung dengan penyampaian pesan Natal dari anak-anak yang diawali dengan lagu Natal yang ceria.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Des 2023, 14:05 WIB
Diterbitkan 25 Des 2023, 14:05 WIB
Ribuan Umat Katolik jemaat Gereja Katedral, Jakarta Pusat mengikuti Misa Natal Senin (25/12/2023)
Ribuan Umat Katolik jemaat Gereja Katedral, Jakarta Pusat mengikuti Misa Natal Senin (25/12/2023). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan Umat Katolik jemaat Gereja Katedral Jakarta mengikuti Misa Keluarga siang ini, Senin (25/12/2023). Misa dimulai pukul 11.10 WIB. Sesuai namanya, pada Misa Keluarga ini, Gereja Katedral dipadati dengan jemaat keluarga inti yang membawa serta anak-anak mereka. Mereka terlihat antusias.

Misa berlangsung dengan penyampaian pesan Natal dari anak-anak yang diawali dengan lagu Natal yang ceria. Lagu Natal dibawa oleh kelompok anak-anak yang memakai baju berwarna merah serta mengenakan topi sinterklas.

Lalu, terlihat ada anak-anak lainnya yang menyampaikan pesan Natal terkait 'Kesejahteraan' dan 'Berbagi kepada sesama'.

Usai penyampaian pesan oleh anak-anak, Misa Keluarga kembali dilanjutkan oleh Romo Yohanes Deodatus beserta Romo Salto Deodatus. Pada kesempatan ini, Romo Salto Deodatus juga titip pesan kepada jemaat untuk saling peduli kepada sesama khususnya di lingkungan keluarga.

"Kita mengajari anak-anak dan orang-orang serumah untuk saling dukung. Lihat yang paling lemah siapa, lihat yang paling membutuhkan pertolongan siapa, karena biasanya semakin lemah bisa terjadi juga bully di rumah kita nih," kata Romo Salto Deodatus.

Dia mengajak jemaat untuk melatih diri untuk saling membiasakan sikap kepedulian di lingkungan keluarga inti terlebih dahulu. Menurutnya, yang lemah harus diberikan dukungan bukan diejek.

"Mulai sekarang kita latihan. Justru yang lemah itu semakin didukung. Meskipun mungkin itu membutuhkan habit yang baru," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masjid Istiqlal Sediakan Tempat Parkir bagi Jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral

Misa Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta
Ibadah misa Natal 2023 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral, Jakarta Pusat menyediakan kantong parkir bagi jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyiapkan area basemen sebagai lokasi parkir yang bisa digunakan jemaat Gereja Katedral.

 Menurut Ismail, kegiatan ini telah rutin dilakukan Istiqlal apabila Katedral memperingati acara besar.

"Ya betul setiap acara-acara besar yang dilaksanakan di Katedral, Istiqlal menyiapkan parkir di lantai basemen I dan II," kata Ismail saat dikonfirmasi, Senin (25/12/2023).

Ismail menyatakan, kantong parkir untuk para jemaat tersedia 24 jam. Sehingga, jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal tak perlu khawatir.

"Kami buka 24 jam dengan menambah petugas yang hari biasa hanya 6 orang, kami tambah jadi 16 orang dengan 21 security," ujar Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menyampaikan basemen I dan II Masjid Istiqlal mempunyai kapasitas cukup besar untuk parkir kendaraan. Dengan rincian mampu menampung 800-1.000 kendaraan milik jemaat Gereja Katedral.

 


Jokowi: Selamat Natal, Semoga Kedamaian, Keselamatan, dan Kesejahteraan Menyertai Kita

Misa Malam Natal Gereja Katedral Jakarta
Dari 3.172 kursi yang disediakan, dibagi menjadi 800 untuk area dalam Gereja Katedral, area luar di Plaza Maria dan Gua Maria 550 kursi tenda 1536, dan Graha Pemuda lantai dasar 286 kursi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat natal melalui sosial media pribadinya. Mengutip akun instagram pribadinya @jokowi, presiden berpesan agar Natal 2023 dapat dirayakan dengan sukacita dan juga damai.

"Selamat merayakan Hari Natal dalam sukacita bagi saudara umat Kristiani," tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Senin (25/12/2023).

Jokowi berharap, agar natal dapat membawa kesejahteraan bagi setiap insan di dunia.

"Semoga kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua," ucap Jokowi.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga memaknai perayaan Natal 2023 sebagai momen bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memperkuat tali persaudaraan. Khususnya jelang memasuki tahun politik 2024 mendatang.

Menurut dia, perayaan Natal selalu menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh umat kristiani di seluruh penjuru dunia, dan juga di Tanah Air tentunya.

Berbagai persiapan kita lakukan untuk menjadikan momen Natal sebagai sesuatu yang selalu diingat dan dikenang bukan hanya perayaannya saja, tetapi makna dibalik peristiwa tersebut yang tentunya perlu menjadi perenungan kita sebagai gembala-Nya," tulis Menko Luhut dikutip melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (25/12/2023).

"Terlebih lagi, di saat-saat seperti ini dimana kita memasuki pesta demokrasi lima tahunan, yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang," imbuh Luhut.

 

Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya