TPN Ganjar: Apakah Pemberian Pangkat Bintang 4 Prabowo Untuk Hapus Stigma Pelanggar HAM ?

Jaleswari melanjutkan, dari perspektif konsekuensialis, penganugerahan pangkat kehormatan justru akan menjadi beban baru untuk Pak Prabowo. Sebab, Prabowo perlu membuktikan dia pro terhadap HAM.

oleh Tim News diperbarui 01 Mar 2024, 09:35 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2024, 09:35 WIB
Anugerah Kenaikan Pangkat Istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas penganugerahan pangkat istimewa Jenderal TNI Kehormatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud Jaleswari Pramodhawardani menyoroti penyematan pangkat Jenderal kehormatan untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menurutnya, sulit dibantahkan jika dalam Pilpres kali ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memihak salah satu pasangan calon. 

Sehingga, muncul pertanyaan bahwa pemberian pangkat itu hanya sekadar transaksional.

"Kenaikan pangkat secara istimewa yang diberikan Pak Jokowi terhadap Pak Prabowo perlu dibaca secara kontekstual. Pertama, dari sisi preferensi politik, sulit rasanya untuk dibantah bahwa dalam siklus Pilpres kali ini, Pak Jokowi memiliki preferensi dukungan ke salah satu paslon, dan itu bukan ke 01 maupun 03," kata Jaleswari kepada wartawan, Kamis (29/3/2024).

"Dari premis ini muncul pertanyaan besar, apakah penganugerahan ini memiliki tujuan pragmatis dan transaksional, misalnya untuk menghapus stigma pelanggar HAM yang melekat di penerima?" sambungnya. 

Menurutnya, pertanyaan itu relevan karena kemungkinan secara prosedural hukum ada justifikasi yang dapat dicari-cari. Namun, dari subtansi hukum, Jaleswari ragu karena pemberian pangkat itu belum tentu bisa menjawab keadilan untuk para korban HAM.

"Dari segi substansi hukum, seperti keadilan atau kemanfaatan bagi korban dan keluarga korban kasus pelanggaran HAM berat tertentu, apakah dapat terjawab?" ucap mantan Deputi Kantor Staf Presiden ini.

Jaleswari melanjutkan, dari perspektif konsekuensialis, penganugerahan pangkat kehormatan justru akan menjadi beban baru untuk Pak Prabowo. Sebab, Prabowo perlu membuktikan dia pro terhadap HAM.

"Dengan pangkat baru ini, Pak Prabowo perlu membuktikan bahwa dia memang peduli HAM dan mampu mengklarifikasi pertanyaan-pertanyaan para keluarga korban," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Kaget Pemberian Pangkat Prabowo

Potret Titiek Soeharto Hadiri Acara Syukuran Kenaikan Pangkat Prabowo, Tampil Anggun Berbalut Baju Etnik
Titiek Soeharto turut serta meramaikan acara syukuran atas penerimaan kenaikan pangkat Prabowo Subianto. Intip penampilan Titiek berikut ini. [Foto: IG/@titieksoeharto]

Jaleswari mengatakan, yang dibutuhkan bukan jawaban politis ala kadarnya seperti yang selama ini diungkap di publik. Melainkan harus masuk dalam ranah pro justitia oleh lembaga resmi seperti Komnas HAM.

"Sehingga penganugerahan kehormatan bintang empat itu valid dan layak. Jika tidak, saya khawatir pola yang dapat dipersepsikan transaksional seperti ini justru akan menciptakan demoralisasi terhadap kebanggaan capaian tertinggi para panglima dan komandan di TNI," ujarnya.

Lebih lanjut, Jaleswari tidak kaget dengan pemberian pangkat tersebut. Sebab, dia sudah lama berhenti terkejut sejak Prabowo dilantik menjadi Menteri Pertahanan.

"Saya sudah lama berhenti terkejut sejak pak Prabowo dilantik sebagai Menhan oleh Presiden," tutupnya.

 


Gelar Syukuran

Prabowo Subianto menggelar syukuran bersama keluarganya usai mendapat kenaikan pangkat jenderal bintang 4.
Prabowo Subianto menggelar syukuran bersama keluarganya usai mendapat kenaikan pangkat jenderal bintang 4 .(Foto: Tim Prabowo)

Prabowo Subianto menggelar syukuran bersama keluarganya usai mendapat kenaikan pangkat jenderal bintang 4 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), di kediamannya Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Rabu (28/2/2024). Dia pun memotong tumpeng sebagai tanda syukur.

Prabowo dalam kesempatan itu masih memakai pakaian dinas upacara (PDU) angkatan darat lengkap dengan tanda bintang 4 di pundak.

Potongan tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada sang bibi, yaitu Sukartini Silitonga-Djojohadikusumo, adik dari ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo. Ia juga melakukan sungkem kepada Tante Tin (sapaan akrab Prabowo untuk Sukartini) yang diketahui sudah berusia 105 tahun.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya