Serap Aspirasi Soal Capim KPK, Pansel Akan Bertemu Pimpinan Media hingga Pegiat Antikorupsi

Pansel Capim dan Dewas KPK akan bertemu dengan sejumlah elemen masyarakat untuk menyerap aspirasi terkait kriteria calon pemimpin dan pengawas lembaga antirasuah sesuai harapan publik.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 04 Jun 2024, 14:15 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 14:15 WIB
Pansel Capim KPK
Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Muhammad Yusuf Ateh (tengah), bersama Wakil Ketua Pansel KPK, Arif Satria (kiri) dan Anggota Pansel KPK, Ivan Yustiavandana. (Lizsa Egeham).

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 akan menggelar pertemuan dengan Pemimpin Redaksi (Pemred) media di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, besok, Rabu 5 Juni 2024. Pertemuan dilakukan untuk menyerap aspirasi terkait Capim dan Dewas KPK.

"Kita sudah merencanakan besok tanggal 5 Juni pukul 10 pagi akan ada pertemuan dengan para Pemred media cetak, media elektronik, maupun media online di Setneg. Agenda pertemuan dengan berbagai pihak dimulai besok itu adalah dalam rangka menyerap aspirasi," kata Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Arief Satria di Kantor Kemensetneg Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengatakan, pihaknya membutuhkan aspirasi dari pimpinan media massa terkait proses seleksi capim dan dewas KPK. Hal ini agar pansel dapat memilih capim KPK yang sesuai harapan masyarakat.

"Sehingga kita benar-benar bisa bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan harapan publik," ujarnya.

Selain itu, pansel akan mengundang pimpinan perguruan tinggi pada Kamis, 6 Juni 2024 untuk meminta masukan. Kemudian pada Senin 10 Juni 2024, Pansel Capim dan Dewas KPK akan mengundang Pimpinan BUMN hingga penggiat antikorupsi.

"Jadi pegiat antikorupsi sangat banyak dan kita harapkan masukan-masukan dari publik khususnya, dari temen-temen CSO (civil society organization) untuk bisa menyampaikan aspirasi kemudian juga menyampaikan harapan-harapannya, kemudian juga menyampaikan masukan-masukannya," jelas Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diharapkan Sesuai Keinginan Publik

Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh. (Lizsa Egeham).
Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh. (Lizsa Egeham).

Dengan masukan dari berbagai elemen masyarakat ini, diharapkan Pimpinan dan Dewas KPK yang terpilih nanti sesuai dengan keinginan publik.

"Sehingga proses kita dalam rangka untuk seleksi Pimpinan KPK dan Dewas ini berjalan sekali lagi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diharapkan publik," ucap Arif menandaskan.

Pansel sendiri resmi mengumumkan soal pendaftaran Capim dan Dewas KPK mulai 4 hingga 25 Juni 2024. Sedangkan, pendaftaran akan dibuka pada 26 Juni sampai 15 Juli 2024.

"Pengumuman itu sudah ditetapkan di website setneg.go.id serta website kpk.go.id. Jadi dua website resmi pemerintah yang digunakan utk mengumumkan terkait dengan soal pendaftaran untuk Pimpinan KPK maupun Dewan Pengawas KPK," pungkas Arief..

Infografis Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka Pemerasan Syahrul Yasin Limpo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka Pemerasan Syahrul Yasin Limpo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya