Seribu Lebih Lampu Penerang Jalan Bertenaga Surya Bakal Berfungsi di Kota Tangerang

Hibah tersebut diharapkan dapat meningkatkan penerangan jalan di berbagai wilayah Kota Tangerang dan mendukung upaya pemerintah dalam mengadopsi energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 12 Jul 2024, 19:08 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 19:08 WIB
PJU
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 418 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga surya kepada Pemkot Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati).

Liputan6.com, Tangerang - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 418 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga surya kepada Pemkot Tangerang.

Penyerahan aset barang milik negara (BMN) Itu diserahkan dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) dan Badan Geologi Kementerian ESDM, kepada Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Hibah tersebut diharapkan dapat meningkatkan penerangan jalan di berbagai wilayah Kota Tangerang dan mendukung upaya pemerintah dalam mengadopsi energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

"Tahun 2023 kami menerima PJU Tenaga Surya sebanyak 680 unit dan 1 sumur bor air bersih, alhamdulillah Tahun ini menerima 418 PJU Tenaga Surya," ungkap Herman, Jumat (12/7/2024).

Sehingga, terdapat seribu lebih PJU bertenaga surya di Kota Tangerang. Lalu, penyerahan dan penandatanganan BAST merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan layanan publik demi kenyamanan dan keamanan masyarakat.

"Diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih hemat energi, dan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Tangerang," ujar Herman.

Sebelumnya, Dirjen EBTKE, Profesor Eniya Listiani Dewi, menjelaskan, lampu penerangan jalan ini sebagai upaya untuk menurunkan emisi yang merupakan investasi fisik dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aset Diharapkan Dapat Dijaga

"Saya berharap hibah BMN yang diserahkan kepada pemerintah daerah dapat terus dipelihara, dijaga dan memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Eniya.

Selain Kota Tangerang, penyerahan BMN itu juga dilakukan juga kepada 42 perwakilan kepala daerah dari kabupaten/kota se-Indonesia.

Infografis Optimisme KTT G20 di Tengah Krisis Pangan, Energi, Keuangan
Infografis Optimisme KTT G20 di Tengah Krisis Pangan, Energi, Keuangan (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya