Gardu Listrik RS Citra Arafiq Depok Meledak, Pasien Berhamburan

Terjadi ledakan gardu listrik di Rumah Sakit Citra Arafiq yang berada di kawasan Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). Diduga gardu induk listrik rumah sakit meledak akibat korsleting listrik.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 24 Jul 2024, 23:20 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 23:20 WIB
Pasien Rumah Sakit Citra Arafiq Depok dievakuasi setelah gardu listriknya meledak, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)
Pasien Rumah Sakit Citra Arafiq Depok dievakuasi setelah gardu listriknya meledak, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta Terjadi ledakan gardu listrik di Rumah Sakit Citra Arafiq yang berada di kawasan Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). Diduga gardu listrik rumah sakit meledak akibat korsleting listrik.

Salah seorang saksi, Madris, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 20.30 WIB diduga dari ruang penyimpanan genset yang berada area pelataran parkir RS Citra Arafiq.

Awalnya keluarga pasien tidak ada yang panik karena tim kesehatan RS Citra Arafiq dapat menenangkan keluarga pasien maupun pasien.

"Tiba-tiba terdengar ada suara letupan, kirain apa, sepertinya kurang oli atau panas, lagi ada pengerjaan penambahan gedung. Enggak tahu pasti juga penyebabnya apa," ujar Madris.

Kebakaran di ruang genset menyebabkan listrik di RS Citra Arafiq padam, sejumlah perawat mengevakuasi pasien keluar gedung RS Citra Arafiq. Sesampainya di halaman pasien yang membutuhkan penanganan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Petugas DPKP Kota Depok langsung memadamkan api di ruang genset," kata Madris.

Di lokasi yang sama, salah satu kerabat pasien, Muhammad Romdony, mengungkapkan saat kejadian sedang menjenguk temannya yang sedang dirawat di lantai tiga dan akan pindah ke ruang ICU. Namun secara mengejutkan, Romdony mendengar suara letupan saat berada di lantai 1.

"Setelah itu diumumkan lewat speaker rumah sakit kalau ada korsleting listrik. Setelah itu listrik mati, itu yang bikin panik," ucap Romdony.

Tidak lama berselang, lanjut Romdony, salah satu pegawai rumah sakit langsung mengintruksikan untuk mengevakuasi semua pasien. Romdony ikut membantu mengevakuasi pasien untuk dibawa ke luar.

"Saya di lantai 3, pasien semua dievakuasi turun. Ada yang lewat tangga darurat sama jalur evakuasi," kata Romdony.

Ditanya berapa banyak pasien yang dievakuasi, Romdony tidak mengetahui secara pasti jumlah pasien yang di evakuasi keluar rumah sakit. Namun, apabila melihat secara sekilas, pasien yang dievakuasi mencapai puluhan pasien.

"Yang pakai tempat tidur aja ada puluhan, saya bantu evakuasi dan mengarahkan ke sebelah kanan gedung yang arah RTM dan dievakuasi ke RS terdekat," tutur Romdony.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Damkar Diterjunkan ke Lokasi

Pemadam kebakaran diterjunkan ke Rumah Sakit Citra Arafiq, Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)
Pemadam kebakaran diterjunkan ke Rumah Sakit Citra Arafiq, Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)

Sementara itu, Kasie Penyelamatan DPKP Depok Tessy Haryati membenarkan terbakarnya ruang genset di RS Citra Arafiq. DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang berada di ruang genset untuk mencegah api menyebar ke area rumah sakit.

"Ruang trafo genset," ujar Tessy.

Tessy menuturkan, perawat dan manajemen sudah melakukan evakuasi pasien ke tempat aman dan tabung oksigen pun telah disiapkan.

"Sedang menunggu teknisi PLN untuk dinyatakan aman dan dilokalisir ruang yang bisa dinyalakan listriknya.

Untuk memadamkan ruang genset RS Citra Arafiq, Damkar Depok menerjunkan 8 unit armada PTO dibantu 1 unit dari Jakarta Selatan.

"Saat ini (api) sudah berhasil dilokalisir, gedung utama tidak terkena," tutur Tessy.

INFOGRAFIS JOURNAL_ 10 Provinsi di Indonesia dengan Hutan Riskan Kebakaran
INFOGRAFIS JOURNAL_ 10 Provinsi di Indonesia dengan Hutan Riskan Kebakaran (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya