Polisi Bongkar Makam Selebgram yang Tewas Usai Sedot Lemak di Klinik Depok

Ekshumasi turut melibatkan 20 anggota polisi yang nantinya akan mengambil jasad selebgram Ella yang diduga tewas usai sedot lemak untuk kepentingan autopsi ulang oleh tim forensik demi penyidikan Polres Metro Depok .

oleh Tim News diperbarui 05 Agu 2024, 11:56 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi Garis Polisi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Sumatera Utara (Sumut) tengah melakukan ekshumasi atau pembongkaran makam Selebgram Ella Nanda Sari yang diduga tewas saat menjalani operasi sedot lemak di WSJ Clinic Depok, Jawa Barat, Senin (5/8/2024).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan proses ekshumasi digelar di pemakaman keluarga Jalan Besitang Lingkungan Kampung Baru, Alur Dua Baru, Sei lepan, Langkat, Sumatera Utara sekira pukul 07.00 WIB.

"Betul, pagi ini ekshumasi, tim dokter sudah siap di kompleks pemakaman," kata Hadi saat dikonfirmasi.

Dia menerangkan, ekshumasi turut melibatkan 20 anggota polisi yang nantinya akan mengambil jasad Ella untuk kepentingan autopsi ulang oleh tim forensik demi penyidikan Polres Metro Depok.

"Ekshumasi yakni penggalian mayat atau pembongkaran kubur yang dilakukan demi keadilan oleh yang berwenang dan berkepentingan dan selanjutnya mayat tersebut diperiksa secara ilmu kedokteran forensik," ungkapnya.

"Setelah proses outopsi selesai (jenazah kembali dimakamkan)" tambah Hadi..

Polisi sudah memeriksa 10 orang terkait kematian selebgram Ella Nanda yang melakukan sedot lemak di WSJ Clinic, Beji, Depok. Ke-10 saksi itu yakni dokter klinik, dokter Rumah Sakit Bunda, Ketua RTdan RW serta keluarga korban.

"Jadi kita sudah memeriksa sekitar 10 orang saksi baik dari dokter yang menangani, dokter yang mendampingi juga dokter yang menerima korban di rumah sakit yang setelah dilarikan dari klinik. Juga beberapa orang yang memang tinggal di sekitar area situ, Pak RT dan Pak RW juga dari pihak keluarga korban. Ini sudah kita melakukan berita secara Interogasi,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana, Selasa 30 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dokter yang Menangani Korban Tak Miliki Izin Praktik

Pasien Tewas Usai Sedot Lemak, Polisi Datangi Klinik Kecantikan di Beji Depok
Klinik kecantikan WSJ Beauty & Skincare di Beji, Kota Depok. Polisi tengah mengusut kasus kematian seorang wanita usai sedot lemak di klinik tersebut. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa dokter yang menangani Ella bukanlah dokter spesialis. A hanyalah dokter umum yang mengikuti pelatihan sedot lemak. Karena A diketahui tidak memiliki izin praktik bedah.

"Nah hasilnya adalah memang dokter yang bersangkutan bukan dokter spesialis, merupakan dokter umum. Terus beliau memang pernah mengikuti pelatihan untuk melakukan sedot lemak ini. Namun demikian, dari hasil keterangannya tidak memiliki izin praktik," ungkap Arya.

Disebutkan juga bahwa WSJ Clinic adalah klinik pratama. Di mana praktik yang dilakukan hanyalah layanan dasar, bukan tindakan lanjutan seperti bedah.

Atas tindakan yang dilakukan, A dapat terancam pidana. Jika memang terbukti, dia dapat dijerat hukuman penjara maksimal 5 tahun.

"Ya kalau misalnya memang nanti ternyata ada bukti yang cukup kita gelarkan, kita naikkan ke penyelidikan dengan Undang-Undang Kesehatan dan KUHP. Itu dua-duanya ancaman sama maksimal 5 tahun," pungkasnya.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban
INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya