Seloroh Cak Imin soal KIM Plus, Singgung Kim Jong Un dan Kimchi

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi soal wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang sedang menggagas Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 16:30 WIB
Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Haji Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Haji Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi soal wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang sedang menggagas Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Menurut dia, dirinya tidak tahu menahu soal KIM Plus, dia pun berseloroh soal hal tersebut.

"Saya sampai hari ini enggak ngerti KIM plus itu apa?," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, (6/8/2024).

“Kalau sudah pilkada ya sudah semua pihak sama, tidak ada KIM, tidak ada Kim Jong Un, tidak ada Kimchi, enggak ada," seloroh Cak Imin. 

Sebelumnya diberitakan, wacana terkait KIM plus muncul dari Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco.

Menurut Dasco, hadirnya Kim Plus bertujuan untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024).

"Insyaalllah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) RK, Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

Menurut Dasco, dalam waktu dekat pengumuman tidak hanya nama cawagub melainkan juga nama-nama parpol yang akan masuk ke KIM Plus.

"Sehari dua hari ini kita sampaikan Plusnya siapa," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung KIM, Peluang Ridwan Kamil Naikkan Elektabilitasnya

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil semakin dekat untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024, usai ada kepastian Golkar akan mengusul Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar 2024.

Direktur Eksekutif Era Politik Indonesia Khafidlul Ulum mengatakan, meski sejumlah survei nama Ridwan Kamil belum berada di posisi puncak, peluang untuk menaikan suaranya terbuka. Salah satunya dengan segudang pengalamannya saat ini.

"Ridwan Kamil punya modal yang bisa dibawa dari Jawa Barat ke Jakarta," kata dia, Selasa (6/8/2024).

Selain rekam jejak dan penerimaan baik dari masyarakat, Ulum melihat bahwa partai politik di belakang RK juga menjadi kekuatan. Di mana kemungkinan besar mendapatkan dukungan dari parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Dengan peta politik sekarang ini, Ridwan Kamil mendapat kepastian dan jaminan bahwasanya dia akan betul-betul mendapat dukungan banyak partai. Peluangnya akan besar untuk menang kalau KIM Plus terbentuk dan partai-partai itu berkumpul di situ," jelas dia.


Said PDIP: Insyaallah Pilkada Jakarta Kami Punya Calon

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, pihaknya akan mengusung calon sendiri untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

“Insyaallah Jakarta kami punya calon," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

 Meski demikian, Said tidak membeberkan nama jogoan mereka. Ia menyebut PDIP tengah menggodok sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024. 

"Kami lagi menggodok calon sendiri," ungkap dia. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco menyatakan seluruh partai di Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024.

“Insya Allah di KIM Plus sudah muncul satu nama yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk Cawagub RK, Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dua hari ke depan.

“Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media,” kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya