Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Membentang di Puncak Gunung Batu Bogor

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 100 meter ini diprakarsai oleh Danramil serta Kapolsek Sukamakmur. Peserta yang terlibat sekitar 150 orang, terdiri dari pelajar, pemanjat, aparatur kecamatan, TNI-Polri dan relawan. Karena medan yang sangat sempit dan sulit dijangkau, mereka secara bergantian menuju puncak Gunung Batu.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 15 Agu 2024, 13:07 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 13:05 WIB
Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Membentang di Puncak Gunung Batu Bogor
Bendera merah putih sepanjang 100 meter membentang di puncak Gunung Batu, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan warga dari berbagai elemen mengikuti kirab dan pembentangan bendera merah putih sejanjang 100 meter di puncak Gunung Batu, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu sore, (14/8/2024).

Pembentangan bendera digelar dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) dengan melibatkan sejumlah pemanjat profesional.

Camat Sukamakmur, Bakri Hasan mengatakan, pembentangan bendera merah putih raksasa ini dalam upaya menggelorakan semangat patriotisme di kalangan muda sekaligus menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

"Kegiatan ini juga untuk menanamkan jiwa nasionalisme kami selaku warga negara Indonesia dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun," ujar Bakri.

Di sisi lain, pembentangan bendera merah putih berukuran 100x2 meter di ketinggian 875 mdpl ini sebagai upaya untuk mempromosikan salah satu objek wisata yang menjadi ikon Sukamakmur.

"Gunung Batu kan ikon Kecamatan Sukamakmur, sehingga dapat menjadi salah satu promosi wilayah kami," kata dia.

Pengibaran bendera sendiri diprakarsai oleh Danramil serta Kapolsek Sukamakmur. Peserta yang terlibat ada sekitar 150 orang, terdiri dari pelajar, pemanjat, aparatur kecamatan, TNI-Polri dan relawan.

Mereka secara bergantian menuju puncak gunung, karena medan yang sangat sempit dan sulit dijangkau. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Polisi dan TNI Bawa Bendera Merah Putih Sepanjang 79 Meter

Bendera merah putih sepanjang 79 meter dibentangkan di Bandar Lampung.  Foto : (Istimewa).
Bendera merah putih sepanjang 79 meter dibentangkan di Bandar Lampung. Foto : (Istimewa).

Sementara itu, perayaan HUT ke-79 RI juga dilakukan jajaran personel Polresta Bandar Lampung bersama Kodim 0410 setempat dengan melaksanakan kirab bendera merah putih sepanjang 79 meter di Bukit Aslan, kota setempat pada Sabtu (10/8/2024).

Ada sekitar 200 personel gabungan dari pihak kepolisian dan TNI yang ikut memeriahkan kegiatan tahunan tersebut. Ratusan personel itu membentangkan bendera merah putih sepanjang 79 meter dari bawah menuju Bukit Aslan.

Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol Abdul Waras mengatakan bahwa kegiatan itu digelar untuk membangkitkan semangat kebangsaan pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia.  

"Kami dari jajaran Polresta Bandar Lampung dengan Kodim Bandar Lampung melaksanakan kegiatan pengibaran bendera 79 meter, dalam rangka untuk membangkitkan semangat kebangsaan dalam memperingati HUT ke 79 tahun,"kata Abdul Waras, Sabtu (10/8/2024).

Dia menjelaskan, kegiatan itu juga merupakan simbol sinegritas TNI-Polri dalam rangka menjaga NKRI dan keamanan di wilayah Bandar Lampung. 

"Hari ini juga kita ajak adik-adik dari anak-anak SD untuk ikut menyemarakkan dan menanamkan rasa kebangsaan kepada adik-adik sebagai generasi penerus bangsa," imbunnya.

 


Motivasi Semangat Kebangsaan

Kirab bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi menuju IKN
Tampak tim Purna Paskibraka 2023, pasukan berkuda hingga marching band siaga mengawal prosesi kirab. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kemudian, Komandan Kodim (Dandim) Kota Bandar Lampung, Kolonel Arh Tan Kurniawan menyatakan bahwa pengibaran bendera merah putih 79 meter itu bertujuan memotivasi semangat kebangsaan masyarakat kota setempat. 

"Kita mengingat kembali arti momen bersejarah yang diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kita dan harapannya generasi muda bisa mengisi kemerdekaan dengan inovasi pembangunan yang prima," katanya.

Dandim berharap momentum HUT RI 17 Agustus, para generasi muda dapat menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. 

"Generasi muda khususnya, agara bisa lebih menghargai jasa para pahlawan terdahulu, sehingga lebih memiliki jiwa patriot di dalam dirinya. Mari bersama-sama kita bangun NKRI dengan rasa cinta tanah air yang tinggi," tutupnya.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya