Zulhas Resmi Terpilih Kembali Jadi Ketum PAN Secara Aklamasi

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, Zulhas terpilih secara aklamasi setelah mengantongi dukungan dari 38 DPW dan 514 DPD.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 24 Agu 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2024, 20:40 WIB
Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN).
Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) pada acara kongres PAN ke-VI, yang digelar di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024).

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, Zulhas terpilih secara aklamasi setelah mengantongi dukungan dari 38 DPW dan 514 DPD.

Dalam pidatonya di penutupan kongres, Zulhas menyatakan kongres sudah sesuai konstitusi dan mekanisme yang ada.

“Di penutupan kongres PAN adalah tonggak baru sejarah, sebab kongres dihiasi senyum kader. Di kongres secara konstitusional sejuk nyaman dan riang gembira, solid kuat dan terus melaju menjadi partai besar,” kata Zulhas dalam pidatonya di kongres, Sabtu (24/8/2024).

Zulhas menargetkan PAN menjadi partai tiga besar di Pemilu 2029. “PAN bercita cita di pemilu 2029 menjadi partai besar insyaallah, Mendampingi Gerindra, PAN akan menempatkan resep keberhasilan Gerindra dalam membangun partai,” kata Zulhas

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri Kongres VI Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024). Prabowo tampak mengenakan jas berwarna biru dongker dengan dasi biru muda.

Prabowo hadiri sekitar pukul 18.55 WIB dan disambut riuh tepuk tangan para kader PAN. Rencananya, Prabowo akan ikut menyampaikan pidato sekaligus menurut kongres PAN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Maju Kembali sebagai Ketum PAN

Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan.
Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) telah menandatangani surat untuk kembali maju sebagai Ketum PAN periode 2024-2029.

Dengan demikian menurut Viva, Zulhas akan dipilih secara aklamasi pada Kongres PAN, karena telah mengantongi dukungan dari 38 DPW dan 514 DPD.

"Bang Zulhas telah tanda tangan diatas meterai. Dengan demikian, sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat, tidak lonjong. Karena 38 DPW dan 514 DPD sepakat," kata Viva di Widya Chandra, Jaksel, Jumat (22/8/2024).

Menurut Viva, Zulhas sudah memenuhi semua syarat, baik persyaratan umum dan syarat khusus.

"Seluruh persyaratan dapat disimpulkan Zulhas memenuhi persyaratan untuk dicalonkan caketum 2024-2029," kata dia.

Infografis  Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya