Geopolitik Dunia Memanas, Indonesia Didorong Tingkatkan Alat Pertahanan Dalam Negeri

Dia juga menyebutkan, Indonesia berada di peringkat 25 sebagai negara yang paling banyak impor alat utama sistem senjata (alutsista). Terbanyak buatan Amerika, Prancis dan Korea Selatan.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 26 Agu 2024, 18:02 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 18:02 WIB
Bappenas
Bappenas menyebut Indonesia berada di peringkat 25 sebagai negara yang paling banyak impor alat utama sistem senjata (alutsista). Terbanyak buatan Amerika, Prancis dan Korea Selatan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memfokuskan pengadaan alat pertahanan dan keamanan (alpahankam). Tentunya mempersiapkan anggaran industri pertahanan dalam negeri ikut agar berkembang. Terlebih, pengadaan alat pertahanan dan keamananan menjadi salah satu program prioritas Presiden 2025-2029.

"Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045 dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025–2029, telah menyusun sejumlah pedoman dan strategi untuk memperkuat industri pertahanan dalam negeri," kata Deputi Bidang Polhukam Bappenas RI Bogat Widyatmoko, Senin (26/8/2024).

Dia juga menyebutkan, Indonesia berada di peringkat 25 sebagai negara yang paling banyak impor alat utama sistem senjata (alutsista). Terbanyak buatan Amerika, Prancis dan Korea Selatan.

"Indonesia berada di 25 besar negara yang paling banyak impor senjata. Tapi, Indonesia bukan termasuk pembeli terbesar bagi Amerika Serikat dan Perancis," kata Bogat.

Untuk peringkat tertinggi impor alat utama sistem senjata (alutsista) dari India, lalu kedua dari Arab Saudi dan ketiga Qatar. Ketiga negara itu impor dari Rusia, Amerika dan Perancis.

Melihat hal itu, Indonesia pun  harus memperkuat industri pertahanan dalam negeri. Hal itu agar menjaga keamanan dan ketahanan negara.

"Saat ini mengedepankan alat pertahanan dalam negeri perlu ditingkatkan dalam menjaga keamanan negara di tengah geopolitik dunia yang memanas," ungkapnya.

Dia pun meminta BUMN sektor pertahanan untuk lebih banyak memproduksi alutsista. Apalagi, BUMN sektor pertahan memiliki pendapatan yang sudah naik saat ini.

"Kita minta BUMN Industri pertahan meningkat hampir 3 kali lipat jadi tingkatkan produksi senjata maupun alutsista," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persenjataan Indonesia Sudah Sangat Maju

Sementara itu, Global Sales and Marketing Ammunition KNDS Patrcik Lier mengatakan, persenjataan Indonesia sudah sangat maju. Hal ini berkat kerjasama Prancis dan Indonesia dalam memajukan alutsista.

" Kami sudah membantu Indonesia dalam industri senjata untuk membangun persenjataan yang lebih canggih. Apalagi, Indonesia sudah sangat maju untuk alutsista dalam negeri," bebernya.

Dia mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan BUMN industri pertahanan seperti PT Pindad. Menurutnya, BUMN itu merupakan mitra penting untuk mengembangkan sistem persenjataan darat.

"Kerja sama utama yakni artileri, amunisi dan kendaraan tempur. Untuk itu kerjasama ini menjadikan adanya win win solusi yang didapatkan Indonesia dan Prancis," katanya.

Infografis Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo
Infografis Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya