1.291 Aparat Gabungan Amankan Pendaftaran Pilgub Jakarta 2024 di KPU

Hari ini akan ada dua bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta 2024 yang akan daftar ke KPU Jakarta. Kedua bakal paslon adalah Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.

oleh Ady AnugrahadiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 28 Agu 2024, 16:58 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:22 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di Kantor KPU Jakarta
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro memberikan keterangan pers terkait pengamanan di Kantor KPU Jakarta saat pendaftaran Pilgub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, ribuan aparat gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan prosesi pendaftaran kandidat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Total ada 1.291 personel gabungan yang diterjunkan untuk mengamankan kawasan Kantor KPU Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.

"Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat yang di-backup langsung oleh Polda Metro dan Kodam Jaya menyiagakan 1.291 personel yang sudah bersiaga sejak tadi pagi," ujar Susatyo di kantor KPUD Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

Menurut Susatyo, konsetrasinya saat ini adalah mengatur arus lalu lintas orang dan kendaraan. Sebab, sejak pagi Jalan Salemba Raya adalah jalan utama yang cukup padat.

"Untuk mengatur alur orang ataupun alur massa yang akan datang termasuk nanti alur kendaraan-kendaraan yang melintas di jalan Salemba Raya ini. Memang Jalan Salemba Raya ini jalur arteri yang cukup padat sehingga pada pukul 7 tadi sudah kami lakukan rekayasa lalu lintas," tutur Susatyo.   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2 Bakal Paslon Daftar Hari Ini

Semarak Nuansa Khas Betawi Meriahkan Suasana KPU Provinsi Jakarta
Menyambut masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kantor KPU Provinsi Jakarta dihiasi dengan beragam ornamen khas Betawi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan informasi diterima Susatyo, diketahui pada hari ini akan ada pendaftaran dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024.

Mereka adalah pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang akan datang terpisah. 

“Pasangan Pramono Anung-Rano Karno akan tiba lebih awal sekira pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono dijadwalkan tiba sekira pukul 14.00 WIB,” dia menutup.

 


Pendaftaran Ditutup Kamis Malam

KPU DKI Siap Menerima Pendaftaran Bakal Paslon Pilkada Jakarta 2024
KPU DKI siap menerima pendaftaran bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebagai informasi, pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan dibuka hingga esok, Kamis (29/8/2024) dan ditutup di hari tersebut pada pukul 23.59 WIB.

Pantauan di Kantor KPU Jakarta, terdapat panggung musik dengan pertunjukan live band performance untuk menghibur kedatangan para peserta Pilkada. 

Selain itu, KPUD Jakarta juga menyulap area gedung dengan tema khas Jakarta dan betawi. Terlihat ada ornamen monas dan ondel-ondel yang terpajang di pintu masuk.

 

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya