Kapolri: Pidato Paus Fransiskus Jadi Semangat untuk Kita Jaga Persatuan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 04 Sep 2024, 22:55 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 22:55 WIB
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto saat meninjau persiapan Misa Akbar Paus Fransiskus di Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Ady Anugrahadi).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Listyo menyanjung pidato Paus Fransiskus terkait pentingnya menjaga toleransi dan keberagaman.

"Tentunya kita sangat senang bahwa apa yang disampaikan oleh beliau terkait dengan bagaimana menjaga toleransi keberagaman," kata Kapolri Listyo dalam keterangan tertulis, Rabu.

Listyo mengungkapkan kekagumannya pada pidato Paus Fransiskus yang membahas pembukaan konstitusi Indonesia. Dia menyebut yang disampaikan Paus Fransiskus bisa dijadikan semangat untuk seluruh pihak dalam menjaga persatuan.

"Dan beliau sempat menyinggung terkait Pembukaan UUD. Saya kira ini menjadi semangat kita untuk menjaga persatuan ke depan dan ini penting untuk perjalanan bangsa Indonesia," ujar Kapolri.

"Hal yang baik beliau (Paus Fransiskus) sangat perhatian terhadap hal-hal seperti itu," kata Listyo Sigit Prabowo menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kutip Pembukaan UUD 1945

Paus Fransiskus tiba di Istana Kepresidenan Jakarta
Pertemuan dengan Jokowi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Paus Fransiskus selama berkunjung ke Indonesia. Dia akan menetap sementara di Indonesia hingga 6 September. (Tiziana FABI / AFP)

Dalam pidatonya di Istana Negara, Paus Fransiskus memang sempat mengutip Pembukaan UUD 1945. Menurutnya, Pembukaan UUD 1945 punya sejarah yang sangat indah.

"Izinkanlah saya untuk merujuk pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Anda, yang menawarkan wawasan berharga sebagai jalan yang dipilih oleh Indonesia yang demokratis dan merdeka. Punya sejarah yang sangat-sangat indah adalah pilihan dari semua," kata Paus Fransiskus dalam bahasa Italia yang diterjemahkan oleh penerjemah sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

 


Singgung Soal Ketuhanan dan Keadilan Sosial

Prabowo dan Paus Fransiskus
Presiden Jokowi bertemu Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024) didampingi sejumlah menteri. Salah satunya, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Paus Fransiskus menyebut, dalam UUD 1945, dua kali merujuk pada Allah yang Maha Kuasa atas kemerdekaan Indonesia. Selain itu, kata Paus Fransiskus, UUD 1945 juga dua kali merujuk pada keadilan sosial sebagai fondasi bangsa.

"Dua kali dalam beberapa baris Pembukaan UUD Anda merujuk pada Allah yang Maha Kuasa dan perlunya berkat Allah turun atas negara Indonesia yang baru lahir," ucap Paus Fransiskus.

"Dengan cara yang sama, kalimat pembuka UUD Anda merujuk dua kali pada keadilan sosial sebagai fondasi tatanan internasional yang diinginkan dan sebagai salah satu tujuan yang harus dicapai demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya