Bertolak ke Aceh, Jokowi Akan Buka PON XXI Malam Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dengan bertolak menuju Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 09 Sep 2024, 07:37 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 07:37 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dengan bertolak menuju Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dengan bertolak menuju Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024). (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dengan bertolak menuju Provinsi Aceh, Senin (9/9/2024).

Jokowi akan menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh.

Jokowi dan Iriana bertolak ke Aceh dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, sekitar pukul 08.00 WITA.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, Jokowi dan Iriana akan langsung menuju Gerbang Tol Baitussalam.

Di sana, Jokowi akan meresmikan sejumlah ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh.

"Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju Stadion H. Dimurthala, Kota Banda Aceh, untuk meresmikan rehabilitasi, renovasi dan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangannya.

"Usai peresmian, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatannya," sambungnya.

Pada malam hari, Jokowi dan Iriana diagendakan untuk menghadiri peresmian Pembukaan PON XXI Tahun 2024 yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan akan bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara untuk kembali melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Antusiasme Masyarakat

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi antusiasme suporter di seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Bahkan berdasarkan laporan yang diterima, pertandingan di seluruh venue kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, selalu dipenuhi oleh suporter.

Antusiasme masyarakat ini merupakan sesuatu yang diharapkan sehingga PON XXI dapat dinikmati oleh semua pihak.

“Saya mendapat laporan di Aceh seluruh venue, khusus di kompleks Stadion Harapan Bangsa itu seluruhnya selalu penuh [suporter]. Dan bahkan di venue dayung pun juga demikian,” jelasnya saat konferensi pers di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024, Banda Aceh, Minggu (8/9/2024).

Dirinya menilai antusiasme ini merupakan efek dari tingginya euforia dunia olahraga akhir-akhir ini. Apalagi saat Olimpiade dan Paralimpiade 2024, atlet Indonesia banyak mencetak sejarah dengan perolehan medali yang memuaskan.

“Dan ini diikuti penyelenggaraan PON yang momentumnya sangat pas,” ujarnya.


Berdampak ke Masyarakat

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Safrizal ZA mengatakan, pelaksanaan PON XXI telah berdampak terhadap tingginya kunjungan masyarakat ke Provinsi Aceh.

Bahkan, meski sudah dilakukan penambahan penerbangan ke Aceh, hingga saat ini jumlahnya masih kurang. Karena itu, pihaknya terus meminta penambahan penerbangan ke Aceh agar lebih diperbanyak.

Banyaknya kunjungan ini tentu juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Aceh. Seluruh jasa penginapan di Aceh diakui penuh oleh masyarakat yang berkunjung. Ini termasuk bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang banyak memanfaatkan momentum PON.

Pihaknya telah mempersiapkan stan bagi pelaku UMKM di setiap venue pertandingan. Selain itu, konsumsi para atlet juga menggunakan produk lokal masyarakat Aceh.

“Dan ini tentu mempekerjakan orang-orang Aceh. Jadi banyak sekali multiplier effect dari PON ini terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya