Ajak Mahfud ke KPK, MAKI: Berikan Contoh Klarifikasi Soal Jet Pribadi JK

Boyamin bahkan memohon, agar Mahfud bersedia hadir ke KPK mengklarifikasi penggunaan jet pribadi dan menegaskan apakah hal itu ranah gratifikasi atau bukan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 10 Sep 2024, 07:09 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 06:43 WIB
Mahfud Md
Mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengaku pernah menggunakan jet pribadi milik Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). (Foto: Akun X Mahfud Md).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengaku pernah menggunakan jet pribadi milik Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). Menurut dia, hal itu dilakukan saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan hal itu bukanlah merupakan gratifikasi.

Menanggapi hal itu, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta Mahfud menjelaskan hal itu lebih detial kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia meyakini, jika hal itu dilakukan, maka dapat menjadi acuan tokoh publik lain melakukan hal senada.

“Perlu untuk keteladanan dan contoh pihak lain. Kita tunggu peran aktif Pak Mahfud MD,” kata Boyamin seperti dikutip Selasa (9/9/2024).

Boyamin bahkan memohon, agar Mahfud bersedia hadir ke KPK mengklarifikasi penggunaan jet pribadi dan menegaskan apakah hal itu ranah gratifikasi atau bukan.

“Aku memohon pak Mahfud MD untuk berkenan ke KPK,” ajak Boyamin.

Boyamin meyakini, jika Mahfud bisa mencontohkan itu, maka bukan tidak mungkin Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution bisa mengikutinya. Sebab saat ini keduanya tengah menjadi sorotan publik akibat menggunakan jet pribadi. 

“Kita tunggu saja dengan sabar,” Boyamin menutup. 

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cerita Mahfud Naik Jet Pribadi Milik JK

Sebelumnya melalui unggahannya, Mahfud bercerita pernah naik jet pribadi milik JK dengan tujuan Jakarta-Makasar saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Mahfud meyakini hal iti bukan gratifikasi. Sebab dirinya mempunyai tujuan jelas yakni diundang untuk mengisi khutbah hari raya di Masjid Almarkaz, Makassar.

Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya