DPR: Segera Perbaiki Fasilitas LP Tanjung Gusta

Pemerintah seharusnya segera mungkin memberikan fasilitas yang memadai di lapas-lapas di Indonesia.

oleh Edward Panggabean diperbarui 13 Jul 2013, 13:28 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2013, 13:28 WIB
cegah-rusuh-gusta130712b.jpg
Anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat menyatakan pemerintah seharusnya segera mungkin memberikan fasilitas yang memadai di lapas-lapas di Indonesia. Hal itu agar tak menjadi inspirasi para napi-napi lainnya.

"Perlu ada perbaikan segera dan jangan diabaikan, supaya tidak menginspirasi lapas-lapas lain. Fasilitas lapas tidak boleh diabaikan agar ada rasa tenteram menjalani tahanan," kata Martin saat mengunjungi Lapas Tanjung Gusta di Medan, Sumut, Sabtu (13/7/2013).

Dia mengakui bila pemicu ketidaktersediaan listrik dan air telah lama dikeluhkan para narapidana di lapas ini. Martin mengatakan, permasalahan yang utama akibat insiden ini lantaran gedung di lapas bertingkat sehingga sulit air naik ke atas dan itu sangat merepotkan.

"Makanya ke depan fasiltias itu dibenahi dan perlu pertimbangan membuat gedung di lantai atas," ucapnya.

Martin akan menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan Komisi III untuk segera memangil Menkumham. Apalagi saat insiden kerusuhan itu, pengadaan genset terbatas.

"Saat itu listrik mati 24 jam, genset terbatas hanya ada 1. Makanya fasilitas perlu diperbaiki, lapas-lapas lain pun perlu dipebaikin dan ditingkatkan, agar tidak over kapasitas. Ini kan sudah over kapasitas," ujar Martin. (Frd/Ary)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya