Jabodetabek Diguyur Hujan, Pintu Air Manggarai Siaga III

Waspada! Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak sore hingga malam ini, membuat ketinggian air di beberapa kali meningkat.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 08 Nov 2013, 20:00 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2013, 20:00 WIB
pintu-air-manggarai-130722b.jpg
Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak sore hingga malam ini, membuat ketinggian air di Kali Ciliwung meningkat. Dan saat ini, status pintu air Manggarai berada dalam posisi siaga III.

"Pada pukul 16.00 WIB, ketinggian air di pintu air Manggarai berada pada angka 780 cm dan sudah memasuki siaga III. Ketinggian terus meningkat sampai pukul 18.00 WIB hingga mencapai 800 cm," ujar Petugas Pusdalops BPBD DKI Jakarta, Desmanto di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Ia mengatakan, bila curah hujan tetap tinggi, maka debit air di Pintu Manggarai juga akan terus meningkat. Namun demikian, semakin malam hujan mulai reda di beberapa wilayah.

"Dikhawatirkan jika hujan masih turun terus, ketinggian air akan terus meningkat. Saat ini tetap sepertinya, hujannya sudah reda," ujar Desmanto.

Selain pintu air Manggarai, posisi Siaga III juga terjadi di pintu air Pasar Ikan dengan ketinggian mencapai 196 cm dan pintu air Karet dengan ketinggian 550 cm.

Sedangkan untuk pintu air lainnya seperti Angke Hulu 120 cm, Pesanggrahan 75 cm, Krukut Hulu 60 cm, Katulampa 50 cm, Depok 95 cm, Cipinang Hulu 120 cm, Sunter Hulu 70 cm, Pulo Gadung 360 cm, dan Waduk Pluit 200 cm.

"Ketinggian di pintu air tersebut masih berada dalam posisi siaga III," terangnya.

Ia mengatakan, peningkatan curah hujan yang tinggi pada hari ini, dikarenakan adanya peningkatan pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek, karena itu potensi hujan di wilayah Jabodetabek diprediksi akan tinggi sampai pukul 21.30 WIB nanti.

"Terutama untuk beberapa wilayah seperti Tanah Abang, Gambir, Tomang, Ciledug, Kebayoran, Pondok Indah, Cilandak, Ragunan, Blok M, Pondko Cabe, Cinere, Depok, Halim, TMII, Cempaka Putih, Cibubur, Pondok Gede dan sekitarnya," tukas Desmanto. (Tnt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya