[VIDEO] Hore! SD Muhammadiyah Pucang Juara Umum Olimpiade Robotik

SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya berhasil menyabet gelar juara umum di ajang Olimpiade Robotik Sekolah Islam Tingkat Internasional 2013.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Nov 2013, 08:34 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2013, 08:34 WIB
robot-131119a.jpg

SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya, Jawa Timur, berhasil menyabet gelar juara umum dalam ajang Olimpiade Robotik Sekolah Islam Tingkat Internasional 2013 yang digelar di Bandung, Jawa Barat. Dari 267 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri, siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang berhasil menyabet 11 medali dari sejumlah kategori.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (19/11/2013), ke-28 pelajar SD Muhammadiyah 4 Pucang yang baru saja mengharumkan nama sekolah mereka pada pertengahan November lalu terlihat mengutak-atik sirkuit robotik. Mereka sepertinya tak asing lagi dengan benda-benda tersebut.

Di bawah bimbingan para guru, para siswa tampak bersemangat dan tertantang untuk membuat robot rakitan mereka mampu bergerak dan menjalankan perintah sesuai yang mereka instruksikan lewat komputer. Padahal, kesulitan bukannya tak pernah mereka temukan.

Minat mereka yang luar biasa terhadap dunia robotik, ditunjang bimbingan yang telaten dari para guru, membuahkan hasil yang menggembirakan dalam ajang International Islamic School Robotic Olympiad (IISRO) 2013 ke-2, yang digelar di Trans Studio Bandung sejak 12-14 November lalu.

Dari sepuluh kategori yang dilombakan, para siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang berjaya di 4 kategori. Antara lain, transporter atau pangangkut beban, rescue atau robot penyelamat dan kategori pengendali mikro.

Rencananya, pihak sekolah akan kembali mengikutsertakan para siswa pada lomba berikutnya, yaitu kompetisi internasional robot cup di Singapura pada tahun 2014 mendatang. (Fiq/Tnt)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya