Rencana Pelengseran Jokowi - Warga Suriah Makan Singa?

Jokowi bercerita soal ide pelengseran dirinya terkait Kartu Jakarta Sehat paling banyak dibaca.

oleh Liputan6 diperbarui 30 Des 2013, 06:42 WIB
Diterbitkan 30 Des 2013, 06:42 WIB
kaleidoskop-news-november-131228b.jpg
Pada November 2013, berita cerita Jokowi soal rencana pelengseran dirinya paling membetot atensi pembaca Liputan6.com. Rencana itu terkait penerapan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk warga miskin.

Berita lain yang juga menyita perhatian adalah terungkapnya kode rahasia otorisasi peluncuran rudal nuklir Amerika Serikat, yang sekali pencet bisa memicu Perang Dunia III.

Lalu, ada juga berita dari Suriah  yang bermula dari sebuah foto. Dalam foto yang beredar di media sosial itu terlihat pemberontak Suriah menyembelih singa kebun binatang.

Berikut Top 10 News selama November 2013:

1. Jokowi Blak-blakan Rencana DPRD DKI Lengserkan Dirinya

dukungan-hamili-130619c.jpg


Jokowi blak-blakan soal rencana DPRD DKI melengserkan dirinya beberapa waktu lalu, terkait program Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk warga miskin.

Dia menjelaskan, karena masih terdapat ketidaksiapan fasilitas di rumah sakit milik pemerintah di Jakarta, program KJS mendapat kritikan keras dan dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk menyerang dirinya.

jokowi-nyali-131130c.jpg


2. Tak Disangka! Kode Rahasia Peluncuran Senjata Nuklir AS: 00000000

Selama hampir 20 tahun, kode rahasia otorisasi peluncuran rudal nuklir Amerika Serikat, yang sekali pencet bisa memicu Perang Dunia III, ternyata sangat sederhana.

Ternyata, kombinasi angka yang digunakan untuk menembakkan rudal berbahaya di puncak Perang Dingin hanya terdiri dari 8 angka yang sama: 00000000.

tri-rismaharini-131129c.jpg


3. Kelaparan Parah, Warga Suriah Makan Singa?

Perang saudara dan blokade membuat warga Suriah tak punya makanan. Tubuh anak-anak bergetar karena lapar. Mereka yang terjebak di medan perang terpaksa makan rumput, sebagai pengganti roti. Sejumlah ulama bahkan mengeluarkan fatwa kontroversial: penduduk yang terkepung di luar Damaskus boleh mengonsumsi daging anjing dan kucing.

Sebuah foto yang beredar baru-baru ini di media sosial bahkan menunjukkan, pemberontak Suriah menyembelih singa kebun binatang.

jokowi-2-131130c.jpg


4. Denda Penerobos Busway Bikin Lemes...

Lemes... Hal itu yang dirasakan seorang tukang ojek bernama Heri. Pria berusia 41 tahun itu harus membayar denda yang nilainya cukup mahal bagi dirinya. Besar dendanya Rp 500 ribu.

Denda itu harus Heri bayar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim), Jumat 29 November 2013. `Pil pahit` itu harus ia terima lantaran menerobos jalur bus Transjakarta atau biasa disebut busway.

jokowi-2-131130c.jpg


5. Jawaban Mega Soal `Perjanjian Batu Tulis` dengan Prabowo

Beberapa petinggi Partai Gerindra menyatakan adanya kesepakatan antara Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal pencapresan. Kesepakatan itu dituang dalam 'Perjanjian Batu Tulis'.

Menanggapi hal itu, Megawati tak mau mengambil pusing. Presiden ke-5 RI itu mengatakan, seharusnya perjanjian tersebut tak ditanyakan kepada dirinya.

pisau-potong-130325a


6. 3 Polisi Bandung Ditusuk Pengendara Motor

Tiga anggota Polisi Lalu Lintas Polsek Bandung Kulon ditusuk oleh seorang pengendara motor bernama Holil. Penusukan itu terjadi saat ketiga polisi itu menggelar Operasi Zebra di Jalan Rahayu, Cigondewah, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ketiga polisi yang nahas itu adalah Aiptu Endang Priyatna, Barigadir Toni Murdani, dan Brigadir Asep Abdulah. Akibatnya, 3 polisi tersebut mengalami luka tusuk dan bacok cukup serius. Aiptu Endang mengalami luka tusuk pada bagian paha sebelah kanan.

megawati-1-131130c.jpg


7. Kepolosan Jokowi Saat Isi Seminar di UI

Gubernur DKI Joko Widodo memang dikenal dengan kerendahan hatinya dan kepolosannya. Hal ini pun ia tunjukkan ketika menjadi salah satu pembicara dala seminar Dewan Guru Besar UI bertema 'Indonesia Menjawab Tantangan; Kepemimpinan Menjadi Bangsa Pemenang' di Aula FK UI, Salemba, Jakarta Pusat.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu tak seperti yang lain saat menjadi pemicara. Ia tidak berbicara di atas podium saat dipanggil namanya untuk memberikan orasi ilmiahnya. Ketika namanya dipanggil untuk berbicara, Jokowi langsung berdiri dan mengambil stand mic yang berada di podium lalu membawanya lebih dekat ke hadirin.

sidang-busway-131129c.jpg


8. `Saya Tak Mau Khianati Warga Surabaya`

Walikota Surabaya bernama lengkap Tri Rismaharini ini kerap disebut 'Jokowi'nya Surabaya.Program-programnya yang mengundang resistensi, penolakan, hingga berujung demonstran dan nyaris dimakzulkan tak membuat politisi PDIP ini goyah.

Apa yang diyakini, dilakukan Risma. Meski mendapat penolakan. Bagi Risma, tujuannya hanya satu yakni demi kepentingan warga Surabaya.

lapar-sembelih-singa-131130b.jpg


9. Rahasia Nyali Jokowi Hadapi Masalah Ibukota

Jokowi selama ini dikenal suka blusukan, turun ke lapangan. Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu memang punya nyali mendatangi warga dan kemudian memutuskan sebuah kebijakan.

Lantas, dari mana nyali Jokowi itu?

kode-nuklir-as-131130b.jpg


10. Sastrawan Dituduh Hamili Mahasiswi UI, Ini Surat Terbuka Putrinya

Sastrawan Sitok Srengenge dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia berinsial R (22). SS dituding tidak bertanggungjawab dan diduga melakukan intimidasi terhadap R hingga hamil 7 bulan.

Namun anak Sitok, berinisial LSM membantah hal tersebut. Lewat surat terbuka yang dimuat di blog pribadinya, lairesiwi.wordpress.com, LSM menegaskan, tidak ada intimidasi yang dilakukan ayahnya. (Yus)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya