Ruangguru akan Donasikan Semua Pendapatan dari Program Kartu Prakerja ke BNPB

Hingga saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 04 Agu 2020, 20:28 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2020, 20:26 WIB
Ruangguru
Ilustrasi Ruangkelas yang baru diperkenalkan Ruangguru. (Doc. Ruangguru)

Liputan6.com, Jakarta Ruangguru, Platform digital yang bergerak dibidang pendidikan, mengumumkan akan menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy by Ruangguru yang menjadi mitra Program Kartu Prakerja. Rencananya, pendapatan akan disumbangkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara menyampaikan, hingga saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan.

Nantinya, setelah pembayaran diterima dan dipotong pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada negara.

Belva menyampaikan, di masa sulit pandemi Covid-19, Ruangguru ingin turut berkontribusi membantu masyarakat. "Kami telah melayangkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat baik kami,” ucap Belva Devara dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Dengan adanya donasi ini, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru.

Ini termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komisi 0 Persen

Ruangguru
Ruangguru baru saja meluncurkan program Brain Academy Online. (Doc. Ruangguru)

Hingga saat ini, tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3.

Hitungan kasarnya, jika mengasumsikan bahwa setiap peserta mennggunakan Rp 500.000 untuk pelatihan di Skill Academy, dengan jumlah peserta 310.00 lebih, maka perkiraan bantuan yang nantinya akan disumbangkan Skill Academy by Ruangguru bisa berkisar Rp 155 miliar.

Belva menegaskan, selama berjalannya Program Kartu Prakerja, sejak awal dimulainya program hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0 persen kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.

Bahkan, dalam semangat mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, Ruangguru juga turut memberikan layanan gratis ruangkelas, yaitu sistem kelola pembelajaran jarak jauh, kepada seluruh sekolah di Indonesia.

Dia berharap, layanan graris RuangKelas dapat membantu jutaan guru dan pelajar dalam meningkatkan efektifitas belajar mengajar selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya