Sinopsis Film India Swades, Soroti Sistem Kasta di India

Mohan, manajer sebuah proyek di NASA, bertolak ke India guna membawa pengasuhnya semasa kecil untuk tinggal bersamanya di Amerika. Tanpa diduga, perjalanan ini akan mengubah hidup Mohan selamanya.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Okt 2021, 17:45 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2021, 18:30 WIB
Swades.
Saksikan Film Swades Hanya di Vidio. (dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Anda tentunya tidak asing dengan sosok superstar satu ini. Ya, Shah Rukh Khan sukses membintangi beberapa film namanya kini menjadi ikon Bollywood.

Membintangi banyak film dan serial, tentunya terdapat satu judul yang sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu Swades. Film tersebut kini dapat Anda saksikan melalui layanan streaming Vidio.

Dirilis pada 17 Desember 2004, film Swades disutradarai dan diproduseri oleh Ashutosh Gowariker dan dipoduksi oleh Subhash Ghai.

Bercerita tentang seorang pria yang bernama Moha, drama Swades ini dibintangi beberapa aktor di antaranya Shah Rukh Khan dan Gayatri Joshi.


Sinopsis Film Swades

Swades.
Saksikan Film Swades Hanya di Vidio. (dok. Vidio)

Swades memiliki arti kata “Tanah Air”, sesuai dengan judulnya film ini menceritakan seorang pria bernama Mohan (Shah Rukh Khan) yang bekerja di Amerika sebagai global precipitation manager untuk perushaan NASA. Konflik dimulai saat Mohan memutuskan untuk kembali ke India demi mencari wanita yang mengasuhnya sejak kecil, bagi Mohan wanita itu merupakan ibu keduanya sehingga ia berniat membawa wanita tersebut untuk tinggal bersamanya di Amerika.

Sesampainya di India, ia pergi kedesa tempat tinggal wanita yang merawatnya sejak kecil. Mohan melihat perbedaan yang sangat signifikan antara tanah airnya dengan negara tempat ia bekerja. Dimana di India semua orang sangat mencintai budayanya, namun kesadaran penduduk akan pendidikan sangatlah rendah dan sangat tertinggal, bahkan listrik didaerah tersebut sangat susah.

Dalam film Swades Mohan juag memperhatikan sistem kasta yang telah lama dianut oleh masyarakat di India, menurutnya sistem seperti ini justru mempeparah keadaan ekonomi dan memilihara kemiskinan yang menjadi isu sosial di India. Mohan yang menyadari kekurangan pada desa itu mulai membuat perubahan, namun NASA memanggilnya kembali ke Amerika untuk menyelesaikan proyek satelit.


Nonton di Vidio

Mohan merasa berat hati untuk meninggalkan India, bukan hanya karena wanita yang mengasuhnya sejak kecil memutuskan untuk tetap tinggal di India, namun ternyata ia telat jatuh cinta dengan gadis yang bernama Gita.

Kira kira bagaimana sistem kasta berpengaruh terhadap ekonomi dan angka kemiskinan? Dan bagaimana dengan pekerjaan Mohan di Amerika? Apakah dia akan meninggalkan India dan Gita? Yuk temukan jawabannya dengan nonton streaming Swades hanya di Vidio.

Dapatkan rekomendasi serial dan film Bollywood, drama Korea, Thailand, Mandarin, film Indonesia, film barat, anime, original series, dan tayangan olahraga favorit hanya di Vidio.

Penulis: Puji Tri Lestari

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya