3 Tips Penggunaan Masker Arang Buat Perawatan Kulit Bikin Kulit Cerah

Masker wajah dengan arang aktif membantu Anda mendapatkan kulit lembut dan halus.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 24 Mar 2023, 07:59 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2023, 07:59 WIB
Ilustrasi masker wajah
Ilustrasi masker wajah (sumber: Isabell Winter on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Arang aktif menjadi salah satu zat alami yang digunakan untuk mengobati keracunan dan overdosis obat. Selain itu, ternyata juga bisa bermanfaat sebagai komponen perawatan kulit.

Salah satu cara paling sederhana untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan masker wajah. Masker wajah detoksifikasi dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih bercahaya dan menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini Anda bisa mencoba masker wajah arang buatan sendiri untuk pembersihan pori dan detoksifikasi kulit.

Masker wajah dengan arang aktif membantu Anda mendapatkan kulit lembut dan halus. Selain itu, juga dapat membantu menghilangkan kelebihan sebum, menurunkan kilap, dan membersihkan pori-pori secara mendalam.

Menurut penelitian, seperti melansir Timesnownews, Senin (20/3/2023), arang aktif memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena sifat penyerapnya. Inilah sebabnya arang sering digunakan untuk mengobati keracunan dan overdosis obat dengan membiarkan racun diserap ke dalam perut.

Cara menggunakan serbuk arang

Sebagai bahan perawatan kulit, arang aktif semakin populer dan sering digunakan dalam sabun, sabun mandi, sabun muka, dan sampo. Meskipun keefektifannya sebagai terapi keracunan telah ditetapkan, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung efeknya pada warna kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips

Namun bagi yang ingin mencoba, berikut ini tiga opsi masker wajah arang DIY efektif yang bisa Anda buat di rumah.

1. Lidah Buaya dan Masker Wajah Arang Aktif

Ambil 1 sdm Aloe Vera Gel dan haluskan dengan 1 sdm bubuk arang aktif. Simpan di lemari es hingga seminggu dalam toples kaca kedap udara. Setelah itu, oleskan masker ini ke wajah Anda selama 15 menit. Bilas bersih dan keringkan.

2. Pisang dan Masker Arang Aktif

Campurkan 1 sendok makan bubuk arang dengan 1 pisang tumbuk. Selanjutnya tambahkan setengah sendok makan gliserin ke dalamnya. Oleskan pasta ini ke wajah Anda selama 15 menit. Bilas bersih dan keringkan wajah Anda. Masker wajah ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami kulit berjerawat.

3. Masker Tepung Beras dan Arang Aktif

Campurkan 1 sdm tepung beras dan 1 sdm bubuk arang. Tambahkan 1 sdm minyak jojoba dan sedikit air ke dalamnya. Campurkan untuk membuat pasta halus. Tambahkan sesendok air saja jika pasta terlalu kering. Oleskan masker ini selama 10 menit dan cuci kemudian dengan air hangat dan keringkan.

Jadi, itulah beberapa pilihan penggunaan masker arang wajah itu bisa Anda coba sendiri di rumah.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya