Hindari 5 Kebiasaan Jadi Pemicu Kecemasan

Mengatasi kebiasaan cemas ini mungkin memerlukan kombinasi kesadaran diri, mencari dukungan dari para profesional, dan menerapkan strategi seperti teknik perilaku-kognitif, mindfulness, dan manajemen stres.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 21 Jun 2023, 18:19 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 18:19 WIB
ilustrasi kecemasan
ilustrasi kecemasan (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Kecemasan dapat terjadi karena berbagai faktor. Namun, ada beberapa kebiasaan yang berkaitan dengan kecemasan memang dapat menghabiskan waktu dan tenaga

Mengatasi kebiasaan cemas ini mungkin memerlukan kombinasi kesadaran diri, mencari dukungan dari para profesional, dan menerapkan strategi seperti teknik perilaku-kognitif, mindfulness, dan manajemen stres.

Mengambil langkah kecil untuk menghadapi ketakutan, menetapkan tujuan yang realistis, dan mempraktikkan perawatan diri dapat membantu mengelola kecemasan dan mendapatkan kembali kendali atas waktu dan energi.

Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa menimbulkan kecemasan?

Melansir Hindustan Times, Rabu (21/6/2023), berikut ini beberapa hal atau kebiasaan yang dapat menimbulkan kecemasan sehingga pada akhirnya menguras energi dan waktu Anda.

1. Terlalu banyak berpikir

Tanpa sadar menganalisis situasi secara berlebihan dapat melelahkan dan menghabiskan waktu. Bahkan hal itu dapat menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan, keraguan diri, dan kesulitan membuat keputusan.

2. Selalu merasa waswas

Sering memeriksa barang-barang, seperti kunci, peralatan, atau email, dan mencari jaminan dari orang lain bisa menjadi respons kebiasaan terhadap kecemasan. Meskipun dapat memberikan kelegaan sementara, hal itu dapat menghabiskan banyak waktu dan energi Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


Hal Lain

Ilustrasi cemas, khawatir, gelisah, takut
Ilustrasi cemas, khawatir, gelisah, takut. (Photo by Taya Iv on Unsplash)

3. Sering menunda-nunda

Kecemasan terkadang dapat menyebabkan perilaku menghindar. Misalnya, Anda menunda tugas karena takut atau khawatir tentang hasilnya. Penundaan tidak hanya menghabiskan waktu, tetapi juga meningkatkan tingkat stres saat mendekati tenggat waktu.

4. Perfeksionisme

Berjuang keras untuk mencapai kesempurnaan alias perfeksionis bisa menjadi kebiasaan yang menghabiskan waktu yang dipicu oleh kecemasan. Menghabiskan banyak waktu untuk suatu tugas, terus-menerus mencari kesempurnaan, dan terlalu kritis terhadap diri sendiri dapat menguras energi dan menghambat produktivitas.

5. Selalu menghindar

Menghindari situasi atau aktivitas yang memicu kecemasan dapat memberikan kelegaan sementara, tetapi juga dapat membatasi pertumbuhan pribadi dan memperkuat kecenderungan kecemasan. Selain itu, juga dapat menyebabkan hilangnya peluang dan menghambat perkembangan sosial dan profesional.

Jadi, itulah beberapa kebiasaan yang secara tidak langsung dapat menimbulkan kecemasan dalam diri sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya