10 Langkah Menghemat Konsumsi BBM Saat Liburan

Sudah jadi rahasia bersama, konsumsi BBM yang diklaim pabrik tidak sesuai dengan kenyataan di jalan.

oleh Sigit Tri Santoso diperbarui 04 Mei 2016, 10:07 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2016, 10:07 WIB
20160102-Lalu lintas di Jakarta Libur Tahun Baru-Jakarta- Immanuel Antonius
Kendaraan melintas di jalan tol dalam kota di kawasan Tanjung Barat, Jakarta, Sabtu (2/1/2016). Kondisi lalu lintas ramai lancar akibat banyaknya warga yang belum kembali usai berlibur di luar kota. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi bahan bakar jadi isu yang sangat penting dalam sebuah mobil. Sudah jadi rahasia bersama, konsumsi BBM yang diklaim pabrik tidak sesuai dengan kenyataan di jalan. Apalagi saat menghadapi kemacetan yang mencekam di long week ends ini.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk menekan tingkat boros bahan bakar. Bukan berdasarkan pengalaman saja, tapi memang secara teoritis, BBM dapat diefisienkan ketika kita memperlakukan mobil dengan benar.

Setidaknya ada 10 cara membuat konsumsi BBM mobil jadi lebih baik. Dan itu bisa dipraktikan saat perjalanan libur kali ini. Mulai dari pengecekan mesin, mengatur barang bawaan, sampai mencari waktu dan jalan yang tepat untuk dilalui. Semua harus dipersiapkan.

Untuk mempermudahkan persiapan itu. Simak 10 tips berikut ini. Tautannya ada di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya