3 Alasan Orang Jepang Suka Mobil Kecil Kotak

Mayoritas penduduk Jepang rupanya menyukai konsep city car atau small car dengan nuansa kotak yang dikenal sebagai kei car tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Okt 2019, 18:08 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2019, 18:08 WIB
Daihatsu
Kei car Daihatsu. (Septian / Liputan6.com)

Liputan6.com, Tokyo - Perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019 tak cuma menarik dengan kendaraan terbaru dan futuristik. Di luar area TMS 2019 di kawasan Tokyo Big Sight, Jepang, mobil kecil dengan bentuk kotak ikut menjadi perhatian khusus.

Mayoritas penduduk Jepang rupanya menyukai konsep city car atau small car dengan nuansa kotak yang dikenal sebagai kei car tersebut. Cukup sering ditemukan mobil seperti itu berseliweran di jalan-jalan besar, salah satunya Tokyo.

Liputan6.com kemudian berbincang dengan pengguna citycar lokal, Nezuka Kenta. Pria yang juga bekerja di dunia otomotif ini menjabarkan tiga alasan orang Jepang gemar menggunakan kei car.

Pajak Ringan

Memiliki mobil kecil dan berbentuk kotak sama dengan menghemat pengeluaran selama setahun. Terutama untuk masalah pajak kendaraan.

"Semakin kecil mobil Anda, maka semakin murah pajaknya," ujar Nezuka Kenta.

Jalanan Kecil

Alasan kedua adalah area pemukiman di sudut kota-kota besar di Jepang yang dominan masuk ke dalam gang sempit.

"Dengan mobil yang relatif kecil dan mengotak, akan lebih mudah bagi kita untuk masuk ke area hunian," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:


Parkir

Ada peraturan tertulis di Jepang jika pengguna mobil harus memiliki lahan parkir sendiri untuk menampung mobil-mobil mereka.

"Mobil kecil membantu Anda menemukan tempat parkir dengan cepat. Lahan terbatas pun bisa dijadikan tempat parkir jika mobil anda berukuran kecil," Nezuka Kenta mengakhiri.

Penulis: Hernowo Anggie

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya