Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Crumple Zone Saat Terjadi Tabrakan

Banyak yang masih salah kaprah, ketika melihat mobil yang baru saja mengalami tabrakan dan bagian depannya hancur lebur

oleh Arief Aszhari diperbarui 09 Sep 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2020, 09:00 WIB
Crumple zone (Foto:BBC)
Crumple zone (Foto:BBC)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang masih salah kaprah, ketika melihat mobil yang baru saja mengalami tabrakan dan bagian depannya hancur lebur. Masyarakat mengira, kendaraan tersebut sangat ringkih, dan terbuat dari material yang sangat jelek hingga rusak parah.

Padahal, area tersebut memang sengaja dibuat hancur, atau disebut crumple zone.

Melansir Hyundai Indonesia, tujuan dari crumple zone, adalah menjaga tetap seutuh mungkin ketika terjadi kecelakaan.

Hal ini mengikuti hukum fisika dimana energi yang dialami suatu benda harus disalurkan, dan disitulah tugas crumple zone lah yang mengambil energi tersebut dan menyalurkannya ke area lain mobil atau tidak menyalurkan ke dalam kabin.

Bila tidak ada crumple zone, maka ketika terjadi kecelakaan, seluruh energi dari tabrakan tersebut akan tersalurkan ke kabin kendaraan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tanpa Crumple Zone

Dengan energi tabrakan yang tersalurkan ke kabin, maka otomatis dasbor akan terdorong ke belakang yang kemudian menjepit para penumpangnya.

Selain itu, benturan bisa saja mengenai pintu sehingga pintu tersangkut dan tidak bisa dibuka, mempersulit evakuasi para korban kecelakaan.

Untuk itu, rangka atau bodi pada kendaraan pun sengaja dibuat ringkih pada bagian tersebut, umumnya bagian depan dimana sering terjadi tabrakan dengan kecepatan yang cukup tinggi.


Tak Berakhlak, Ngebut Sembarangan Sampai Tabrak Pesepeda

Kasus kecelakaan karena pengemudi di bawah umur atau bocah masih cukup tinggi di Indonesia. Perlu adanya edukasi dari semua pihak, terutama orang tua untuk melarang anaknya mengendarai kendaraan, baik motor maupun mobil jika umurnya masih di bawah 17 tahun.

Lebih parahnya lagi, tidak hanya berkendara di jalan raya, bocah pengguna motor ini kerap kali balapan atau ngebut sembarangan. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Seperti kejadian yang diunggah oleh akun instagram @netizenracing, yang memacu motornya seperti tengah mengetes performa kendaraan di sirkuit. Padahal, dari video terlihat, jalanan yang dilaluinya cukup ramai oleh pengendara lainnya.

Bahkan, akibat perbuatan bodohnya tersebut, yang memacu kendaraannya dan terlihat sambil menundukkan kepala hingga tidak melihat ke jalan berakibat fatal. Ia kemudian menabrak seorang pesepeda yang tengah berjalan di pinggir.

"Lah bocah ngapa ya," tulis akun tersebut sebagai caption dalam postingan, Sabtu (18/7/2020).   

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya