Penjualan Suzuki di Dunia Tembus 80 Juta Unit Sampai Agustus 2023

Penjualan Suzuki di pasar global, hingga Agustus 2023 sudah tembus hingga 80 juta unit

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Okt 2023, 06:01 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 06:01 WIB
Suzuki Alto
Suzuki Alto jadi model terlaris Suzuki di Jepang. Mobil mini ini sudah terjual sebanyak lima juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan Suzuki di pasar global, hingga Agustus 2023 sudah tembus hingga 80 juta unit. Pabrikan berlambang huruf S ini telah menjual 28,9 juta unit mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri.

Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36%, di India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10%, Asia sebesar 13,5%, dan wilayah lainnya sebesar 7,8% meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya.

Suzuki Alto, saat ini menyumbang 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu. Model tersebut, saat ini menyumbang 20% dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu.

"Suzuki akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai 'Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)' yang mewakili inti manufaktur Suzuki," Toshihiro Suzuki, President of Suzuki, dalam keterangan resminya.

Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, dan mobil Suzuki telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.

Kedepannya, Suzuki akan terus memproduksi mobil yang berasal dari sudut pandang konsumen yang ada di seluruh dunia dan menyediakan produk yang memiliki value untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suzuki Pasok Komponen untuk Merek Sepeda Motor Lokal Malaysia

Malaysia kembali memperkenalkan merek sepeda motor lokal terbarunya, AFAZ. Pabrikan Negeri Jiran ini akan melakukan perakitan berbagai produknya dengan suplai komponen original equipment manufacturer (OEM) dari Suzuki, mulai dari mesin hingga sebagian part lainnya.

Kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan, KMSB Motors yang merupakan perusahaan kelompok dari AFY Mobility Industries, sebagai perusahaan pemegang saham tunggal Suzuki di Malaysia dengan Suzuki Motor Corporation (SMC), Jepang.

Seremonial tanda kerja sama ini, dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia, YAB Dato' Seri Anwar Ibrahim, dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI), Datuk Seri Isham Ishak dan Chief Executive Officer Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia ( MIDA), Datuk Wira Arham Abdul Rahman.

Hasil dari kerja sama ini, membuat Suzuki bakal memasok mesin dan komponen bodi untuk AFAZ. Jantung penggerak yang digunakan, adalah 110 cc hingga 150 cc.

Infografis Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya