Mobil Listrik Mungil Honda E Disuntik Mati pada Januari 2024, Ini Alasannya

Pabrikan mobil asal Jepang, Honda akan berhentikan produksi mobil listrik mungil miliknya, Honda E mulai Januari 2024.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 13 Des 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 15:00 WIB
Mobil listrik Honda E versi Eropa
Mobil listrik Honda E versi Eropa (Autoevolution)

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan mobil asal Jepang, Honda akan berhentikan produksi mobil listrik mungil miliknya, Honda E mulai Januari 2024.

Pernyataan ini disebarkan melalui situs web Honda Jepang yang memposting pengumuman resmi yang mengonfirmasi bahwa seluruh produksi mobil listrik Honda E akan berakhir pada Januari 2024.

Dilansir Carbuzz, Hatchback lima pintu subkompak ini tidak memenuhi pasar beberapa negara karena dengan proporsi yang kecil dan jarak tempuh yang terbatas. Baterai 35,5 kWh hanya memungkinkan berkendara sejauh 220 kilometer. Namun Honda E  bisa menghasilkan tenaga yang cukup besar untuk ukurannya, yaitu 151 tenaga kuda dengan torsi 232 lb-ft yang disalurkan ke roda.

Spesifikasi tersebut terdengar layak untuk sebuah mobil listrik perkotaan, tetapi harga yang mahal berkisar Rp 590 juta membuat Honda E sulit untuk dijual secara global, meskipun memiliki interior termewah yang pernah Honda berikan pada mobil konvensional, harga tersebut masih terlihat mahal. 

Apalagi saat ini banyak mobil listrik merk lain yang memiliki banderol yang sama mendapatkan fitur lebih banyak dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Hingga saat ini Honda belum menyebutkan apa pun tentang penggantinya, meskipun produsen mobil Jepang ini telah menggoda untuk mengungkapkan konsep baru di CES bulan depan.


Honda Tambah Fasilitas Perbaikan Bodi dan Cat

Honda terus meningkatkan pelayanan mereka untuk konsumennya di Indonesia. Salah satu pelayanan baru yang dihadirkan adalah fasilitas bodi dan cat yang dioperasikan dealer Honda Megatama. 

"Kami terus berusaha untuk menyediakan layanan yang komprehensif kepada konsumen, khususnya dalam layanan purnajual untuk fasilitas bodi dan cat, salah satunya Honda Megatama dengan fasilitas bodi dan cat yang tersentralisasi di satu tempat sehingga kualitas perbaikan dapat terjaga. Melalui jaringan group Dealer Honda Megatama, konsumen dapat dengan mudah menemukan layanan terbaik yang mereka butuhkan," tutur Denny MT selaku After Sales Operation Assistant General Manager PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resmi.

Fasilitas dengan area seluas kurang lebih 4.800 meter persegi di Jalan Cikunir Raya, Jakamulya, Bekasi Selatan ini merupakan hasil relokasi.

Disebut tersentralisasi karena konsumen yang membutuhkan layanan juga bisa mengunjungi Honda Megatama di Jalan Raya Kalimalang No.18, Jakarta Timur atau diler Honda Megatama lainnya. Termasuk diler Honda Megatama Bekasi, Honda Megatama Kapuk dan Honda Pondok Pinang. 

Bengkel bodi dan cat terbaru disokong berbagai peralatan modern untuk perbaikan rangka mobil dan pengelasan. Hal ini bertujuan mendapatkan hasil perbaikan presisi dan tanpa mengurangi kekuatan struktur pada mobil.

Perangkat pengecatan pun juga dipastikan berkualitas. Tambah lagi pengaplikasian yang dilakukan oleh teknisi terlatih dan berkompetensi.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya