Baterai Wuling Made in Indonesia Bakal Punya Tingkat Keamanan Tinggi

Wuling Motors telah mengumumkan untuk bisa memproduksi secara lokal baterai mobil listrik di Indonesia pada akhir 2024.

oleh Arief Aszhari diperbarui 22 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 06:00 WIB
Wuling BinguoEV
Wuling Motors (Wuling) resmi mengoperasikan enam (6) titik pengisian daya baterai mobil listrik dengan sistem DC Charging yang tersebar di beberapa lokasi. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors telah mengumumkan bisa memproduksi secara lokal baterai mobil listrik di Indonesia pada akhir 2024. Langkah tersebut, merupakan wujud nyata dari komitmen jangka panjang jenama asal Tiongkok ini untuk berperan aktif dalam industri otomotif Tanah Air.

"Adapun baterai Wuling EV yang nanti diproduksi di dalam negeri ini dikenal sebagai Magic Battery,” ujar Liu Yan, Marketing Operation Director Wuling Motors, di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nama Magic Battery, merupakan singkatan dari berbagai aspek yang diaplikasikan di baterai ini.

Dimulai dari M, yaitu Multifunction Unitized Structure Technology. Kemudian A, yaitu Advanced Cell Safety, lalu G adalah Greater Performance, dan I mewakili Intelligent Management serta yang terakhir C yaitu untuk Combustion Free.

Multifunction Unitized Structure Technology (MUST) terinspirasi dari desain sayap pesawat. Secara umum, struktur, panel samping, dan lapisan pendingin merupakan 3 komponen yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Wuling Umumkan Produksi Baterai di Indonesia Mulai Akhir 2024 (Arief A/Liputan6.com)
Wuling Umumkan Produksi Baterai di Indonesia Mulai Akhir 2024 (Arief A/Liputan6.com)

Struktur terintegrasi ini meningkatkan kekuatan struktural sebesar 60 persen dengan jumlah berat material yang sama. Selain itu, baterai ini memiliki kemampuan modular yang memudahkannya untuk diperbaiki.

Magic Battery mengandung sel-sel baterai yang canggih (Advanced Cell Safety). Disebut advanced cell safety karena adanya peningkatan struktur di dalam sel baterai termasuk juga penggunaan lapisan keramik sebagai konduktor panas yang rendah.

Hal ini bisa meminimalisir terjadinya konslet, bocor, penguapan hingga panas berlebih.

Selain itu sel baterai yang digunakan telah melalui serangkaian pengujian dan dinyatakan lulus sehingga sel baterai tetap berfungsi normal apabila terjadi tabrakan dan tidak adanya case meledak atau terbakar dengan sendirinya.

Dengan mengaplikasikan MUST dan Advanced Cell Safety menjadikan kemampuan Magic Battery milik Wuling ini meningkat (Greater Performance) baik dari sisi performa maupun tingkat keamanannya.


Performa Baterai

Dari sisi performa yang meningkat terdiri dari aspek power discharge, penggunaan kapasitas baterai, impedansi fisik, penggunaan siklus baterai yang panjang dan tingkat keamanan tinggi dalam penggunaan, sehingga MAGIC Battery lebih efisien, lebih ringan, tahan lama, performa baik dan aman.

Magic Battery memadukan dua sumber pintar untuk memonitor kondisi baterai. Pertama adalah High Precision Battery Management System (BMS) yang dapat memonitor secara real-time.

Kedua ialah AI berbasis Cloud bisa memonitor 240 pengawasan keamanan dan lebih dari 80 peringatan bila terjadi kesalahan.

Manajemen cerdas (Intelligent Management) ini memastikan baterai dapat dipantau dengan akurasi tinggi sepanjang siklus hidupnya, sehingga memberikan keamanan menyeluruh bagi para pengguna.

"Dengan teknologi dan performa tersebut menjadikan jaminan dan juga pembuktian bahwa baterai mobil listrik Wuling yang sudah laku terjual 2 juta unit mobil listrik lebih secara global dan tidak pernah mengalami spontaneous combustion atau kasus meledak atau terbakar dengan sendirinya," tukas Liu Yan.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya