Cagub Mulyadi Ingin Kembangkan Wisata Budaya di Sumbar

Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi melihat pariwisata Sumbar masih bisa ditingkatkan.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Jul 2020, 15:28 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2020, 15:15 WIB
Mulyadi
Ketua DPD Demokrat Sumbar yang juga bakal calon gubernur Mulyadi. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi melihat pariwisata Sumbar masih bisa ditingkatkan. Selain memiliki keindahan alam, menurut Mulyadi wisata budaya Sumbar tak kalah menarik.

Ketua DPD Demokrat Sumbar ini mengatakan, budaya Minangkabau memiliki nilai-nilai yang unik dibanding provinsi lain. Terutama dengan sistem matrilineal yang dianut masyarakat Sumbar itu sendiri yang melahirkan budaya berbeda.

"Seni budaya kita memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi, hal ini harus kita jaga bersama," kata Mulyadi, Jumat (24/7/2020).

Mulyadi yakin budaya Minangkabau jika digali akan mendatangkan lebih banyak wisatawan. Karena para wisatawan bisa menikmati hal lain selain keindahan alam di Sumbar.

"Jika dikolaborasikan dengan pariwisata, ini akan menjadi potensi yang luar biasa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Mulyadi mengatakan, hal tersebut juga melestarikan dan menjadi edukasi budaya bagi generasi muda. Sehingga bukan hanya wisatawan yang didapat, tetapi juga nilai-nilai yang diwariskan nenek moyang juga terjaga.

"Seni budaya ini warisan leluhur kita. Jadi saya harapkan bahwa seni budaya yang kita punya bisa terus ada, sehingga eksistensinya bisa sampai ke generasi selanjutnya," tutur Mulyadi.


Warga Sambut Baik

Tokoh adat Pesisir Selatan M. Rafani Dt. Batuah menyambut baik keinginan Mulyadi tersebut. Dia mengatakan, ide Mulyadi harus terus dikembangkan.

Sebagai masyarakat Minangkabau, Rafani bersyukur ada calon pemimpin Sumbar yang punya niat tulus melestarikan budaya dengan cara modern. Dia berharap Mulyadi bisa menjadi Gubernur Sumbar dan budaya Minangkabau terus dilestarikan.

"Pak Mulyadi memiliki keinginan luhur untuk melestarikan budaya kita, dan dengan itu juga bisa meningkatkan perekonomian kita, Insyaallah akan menjadi lebih maju jika beliau menjadi Gubernur Sumbar," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya