Erick Thohir Semakin Kuat Diusung Cawapres Lantaran Sosok Mewakili Suara NU

Erick Thohir memiliki potensi besar untuk dapat diusung sebaai cawapres lantaran miliki latar belakang NU.

oleh Muhammad Ali diperbarui 18 Jun 2023, 16:26 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 15:06 WIB
Ketua Harlah 100 Tahun Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir.
Ketua Harlah 100 Tahun Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang semakin kuat dapat diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Erick Thohir gencar mendapat dukungan kuat lantaran dinilai mewakili suara Nahdlatul Ulama (NU).

“(Erick Thohir) mulai melejit setelah mendapatkan rekomendasi dari NU, dalam artian punya kartu Ansor dari Banser itukan,” kata Pengamat Politik UIN Jakarta Zaki Mubarak, dikutip Minggu (18/6/2023).

Dia mengatakan, Erick Thohir potensial besar dapat diusung cawapres lantaran miliki latar belakang NU. Menteri andalan Presiden Jokowi ini tercatat sebagai Anggota Kehormatan Barisan Serbaguna (Banser) NU. Karena itu, lanjut dia, tentu menjadikan Ketua Umum PSSI ini semakin menjadi pusat perhatian bagi figur capres unggulan.

Erick Thohir juga kerap dihubungkan dengan sejumlah partai politik (parpol). Dia mengungkapkan, dorongan besar NU untuk Erick Thohir tidak hanya hadir dari warga biasa. Bukan hanya itu, dukungan kuat datang dari para sesepuh organisasi Islam tertua di Indonesia tersebut.

Atas dasar itulah, lanjut dia, hal tersebut tentu menciptakan dampak secara elektoral kepada Erick Thohir. Terutama menyoal hadirnya dukungan besar untuk Erick Thohir dapat maju cawapres pada Pilpres mendatang.

Sebab, lanjut dia, Erick Thohir semakin kuat maju cawapres lantaran mewakili suara NU. Erick Thohir turut dipercaya berperan aktif sebagai Ketua Steering Committee Hari Lahir (Harlah) Satu Abad NU beberapa waktu lalu.

NU secara eksplisit beberapa aktornya mengatakan bahwa nama Erick Thohir akan mereka dukung,” jelas Zaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erick Thohir Dianggap Representasi Pemimpin Kaum Muda

Erick Thohir dikenal sebagai sosok yang mempunyai jiwa milenial. Keberpihakan Menteri BUMN terhadap generasi muda menjadikannya pemimpin representasi kaum muda.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai Erick Thohir memiliki banyak kelebihan dalam berbagai hal. Selain berhasil sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir terbukti diterima publik karena aktivitasnya yang selalu melibatkan anak muda.

“Erick Thohir dianggap memiliki kelebihan dalam hal berhasil sebagai Menteri BUMN, ia juga diterima publik karena aktivitasnya yang dekat dengan kelompok muda, utamanya sejak memimpin PSSI, popularitas Erick Thohir meningkat,” kata Dedi dalam pesan singkat, Sabtu (17/6/2023).

Seperti yang diketahui, kedekatan Erick Thohir dengan memang terjalin dengan sangat kuat. Erick Thohir selalu melibatkan generasi muda dalam proses kinerjanya. Di BUMN Erick Thohir membentuk BUMN muda sebagai kaukus talenta muda berbakat. Erick pun mempercayakan generasi muda menempati jabatan strategis sebagai akselerasi kinerja BUMN.

Di bidang olahraga, eks Presiden Inter Milan tersebut sejak dipilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI membawa nama induk sepak bola di Tanah Air itu dikenal di level Asia Tenggara hingga mancanegara dengan talenta muda. Di level Asia Tenggara, hal itu dibuktikan dengan diperolehnya medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023.

Erick Thohir juga menjalin kerja sama dalam bidang sepak bola dengan penyelenggara sepak bola kelas dunia. Terbaru, Erick Thohir berhasil menjalin kerja sama dengan operator Liga Jerman, Deutsche Fussball Liga (DFL).

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya