Loyal kepada Jokowi, Prabowo Dinilai Capres Paling Potensial di Pilpres 2024

Pengamat Politik Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman menilai Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat loyal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Sep 2023, 16:21 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2023, 14:01 WIB
Tawa Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka
Presiden Joko Widodo tertawa saat menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019) (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman menilai Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat loyal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini membuat menteri Pertahanan tersebut sebagai sosok potensial untuk memimpin Indonesia pada periode berikutnya.

“Pak Prabowo ini mengalami pergeseran positioning politik, sebelumnya merepresentasikan lapisan kalangan yang selama ini kritis terhadap Jokowi atau berbeda politik, nah sekarang ada perubahan, dimana beliau mengidentifikasikan diri dengan Pak Jokowi,” kata Pribadi, Senin (4/9).

Bukti loyalitas Prabowo terhadap Presiden Jokowi melalui tekad dan komitmen untuk meneruskan program dan juga kebijakan yang sudah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya. Di berbagai kesempatan, Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berkomitmen untuk melanjutkan salah satu program andalan Presiden Jokowi yakni hilirisasi.

Tak hanya berkomitmen mengakselerasi hilirisasi jika Prabowo menjadi pemimpin Indonesia periode berikutnya, namun ia juga secara tegas mengatakan akan meneruskan program ‘kartu sakti’ yang sudah berjalan di era pemerintahan Presiden Jokowi seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Survei

Atas komitmen tersebut, hal itu berimbas pada elektabilitas Prabowo di berbagai lembaga survei. Terbaru, dari survei yang dilakukan Lembaga Survei Nasional (LSN) periode 14–24 Agustus 2023, Ketua Umum Partai Gerindra itu berhasil mengantongi dukungan sebesar 40,7 persen, disusul oleh Ganjar dengan 31,4 persen dan Capres Anies Baswedan dengan 22,1 persen.

Dampak elektoral ini diterima oleh Prabowo mengingat tingkat kepuasan masyarakat kepada Presiden Jokowi sangat tinggi. Selain itu, para loyalis Presiden Jokowi juga melihat Ketum Gerindra tersebut sebagai pemimpin yang telah mendapatkan dukungan dari orang nomor satu tersebut.

“Karena dianggap persaingan untuk merebut pengaruh dari kalangan publik yang cukup besar atau yang puas terhadap Pak Jokowi, itu yang sedang dilakukan oleh Pak Prabowo,” pungkas Pribadi

Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024
Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya