Tim Pemenangan Klaim Anies Dapat Dukungan Eks Anggota ProJo

Tatak menilai merapatnya sejumlah anggota ProJo dikarenakan sosok Anies yang merupakan nasionalis religius, sehingga bisa diterima baik di kalangan religius maupun nasionalis.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Okt 2023, 16:59 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 16:59 WIB
Duet Anies-Cak Imin (AMIN) Disambut Lautan Massa di Makassar
Duet bakal Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) disambut lautan massa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tim Media AMIN)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies Baswedan, Tatak Ujiyati menyebut, banyak eks anggota relawan Pro Jokowi (ProJo) yang memberikan dukungan kepada bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Secara individu mantan-mantan ProJo dan mantan-mantan pendukung Pak Jokowi banyak yang mendukung Pak Anies," kata Tatak di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X Nomor 46, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023).

Pasalnya, kata dia Anies merupakan seorang nasionalis religius, sehingga bisa diterima baik di kalangan religius maupun nasionalis. Anies, juga pernah menjadi juru bicara kampanye Jokowi.

Selain itu, kata dia Anies juga sempat bergabung di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dipercaya menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

"Kita juga tahu di awal, Pak Anies merupakan salah satu pendukung Pak Jokowi, dan bahkan juga masuk di kabinet beliau," ujarnya.

Selain itu, kata Tatak juga ada berbagai simpul relawan lainnya yang turut mendukung Anies. Semisal mereka yang berlatarbelakang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang kemudian membentuk Bro Anies (BroNies).

"Jadi ada simpul relawan ada beberapa yang mereka berlatarbelakang GMNI, jadi ada alumni-alumni GMNI mereka membentuk simpul relawan bernama BroNies (Bro Anies)," kata Tatak.

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan, 20 ribu relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), bakal mengawal proses pendaftaran AMIN ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pasangan capres-cawapres.

"Kita minta izin sih untuk 20 ribu orang, termasuk massa dari partai. Tapi kita tidak tahu karena masing-masing simpul kelihatannya ingin membawa sebanyak mungkin anggotanya atau komunitasnya," kata Sudirman di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X Nomor 46, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Telah Lengkapi Persayaratan

Anies Sambangi PKB
Sebelumnya, kabar kunjungan Anies ke markas PKB dibenarkan Ketua DPP PKB Lukmanul Hakim. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini rencananya akan mengikuti rapat pemenangan pasangan Anies-Cak Imin di Kantor DPP PKB. (merdeka.com/Arie Basuki)

 

Sudirman menyampaikan, para relawan dan simpatisan gabungan dari parpol Koalisi Perubahan (Nasdem, PKB, PKS) bersemangat, mengingat momen Pemilu hanya berlangsung sekali dalam lima tahun.

"Kita bisa mengerti karena ini momen penting ya lima tahun sekali mengikuti pendaftaran calon presiden. Kita maklum. Kita bersiap dan yang penting adalah semua bisa berjalan dengan tertib, dengan kedamaian, tidak ada kekerasan, itu yang kita harapkan," ucap dia.

Sejauh ini, kata dia seluruh persiapan untuk pendaftaran Anies-Cak Imin ke KPU berjalan lancar. Persyaratan capres-cawapres yang diminta KPU pun telah selesai.

"Alhamdulillah seluruh persiapan berjalan baik, ada yang menyiapkan administrasi untuk persiapkan syarat-syarat yang diperlukan, ada menyiapkan visi misi sudah selesai juga sejak kemarin," kata dia.

 

 


Dukung Pemilu Damai

Koalisi Perubahan, lanjut dia ingin menunjukkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan gembira. Oleh sebab itu, seluruh masyarakat juga diajak ikut serta bisa merasakan sukacita.

"Kita ajak seluruhnya memberikan dukungan secara sukacita, dengan damai dan memberikan pesan agar KPU menjalankan tugasnya dengan objektif supaya Pemilu ini berjalan dengan jujur dan adil," kata Sudirman Said.

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya