TPN: Pose Tiga Jari Mahfud Bersama Pilot Garuda Bukan Kampanye

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menanggapi adanya laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye, soal pose tiga jari dari calon wakil presiden Mahfud Md bersama pilot Garuda.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 22 Nov 2023, 11:32 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2023, 06:45 WIB
Deputi Hukum Tim Pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, saat jumpa pers di Media Center TPN Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Deputi Hukum Tim Pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, saat jumpa pers di Media Center TPN Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menanggapi adanya laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye, soal pose tiga jari dari calon wakil presiden Mahfud Md bersama pilot Garuda. Menurut dia, lapor-melapor adalah hak warga negara namun dipastikan tidak ada niat berkampanye dari tindakan yang dilakukan Mahfud.

“Saya yakin bahwa Mahfud cawapres dari Ganjar itu tidak melakukan kegiatan kampanye, mungkin dia hanya melakukan satu gestur yang karena pasangan ini nomor tiga, nomor urutnya nomor tiga, mungkin hanya foto,” jelas Todung saat jumpa pers di Media Center TPN Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). 

Todung memaklumi, terkadang baik Ganjar atau pun Mahfud biasa meladeni siapa pun yang mengajak berfoto. Artinya terkait pose jari hanya terjadi secara tidak disengaja.

“Kadang-kadang dia ktmu si A ingin foto selfie ingin foto, ya menurut saya sih dia tidak memberikan statement apa apa, hanya ya mungkin, melakukan hal semacam itu sebagai apresiasi kepada pihak yang ingin berfoto,” jelas Todung.

Todung memastikan, Ganjar dan Mahfud sama-sama memahami aturan berkampanye yang baru akan dimulai 28 November 2023. Karena itu, pose tiga jari bukan bermaksud untuk berkampanye.

“Saya kira enggak (kampanye), dia tahu bahwa masa kampanye itu masih tanggal 28, jadi saya pastikan dia tidak melakukan kampanye duluan,” Todung menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Unggah Foto Salam 3 Jari

Mahfud Md Foto Bareng Pilot di Kokpit, Pose Salam 3 Jari dan Metal
Cawapres Mahfud Md mengunggah momen foto bareng pilot di sebuah kokpit pesawat dengan menggunakan simbol salam tiga jari dan metal. (Foto: Instagram @mahfudmd)

Diberitakan sebelumnya, cawapres Mahfud MD mengunggah momen saat dirinya masuk dalam kokpit pesawat Garuda di instagram pribadinya @mohmahfudmd. Mahfud bersama pilot berpose salam 3 jari.

Mahfud masuk kokpit atas ajakan pilot yang bernama Widiyatno. Momen itu terjadi saat ia bertolak ke Sumatera.

"Nomor 3 di ketinggian. Lagi asyik-asyiknya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba-tiba saya dihampiri pilot pesawat yang saya tumpangi," tulis Mahfud, Jumat (17/11).

"Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya," ungkapnya.

 


Mahfud Sampaikan Terima Kasih

Mahfud mengucapkan terima kasih kepada pilot yang telah membawa dia ke kokpit. Dalam keterangannya, ia juga menyelipkan hastag Ganjar-Mahfud 2024.

"Kami berfoto dengan senyum masing-masing, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua," ucapnya 

"Terimah kasih, Capt Widi dan Co-pilot Dirga #GanjarMahfud2024," tutup Mahfud.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya