Timnas AMIN Anggap Gibran Bukan Lawan Berat Debat, TKN: Kita Lihat Tanggal Mainnya

Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menganggap calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka bukan lawan berat bagi Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat cawapres nanti.

oleh Tim News diperbarui 14 Des 2023, 17:57 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 17:57 WIB
Kolase Bakal Cawapres 2024
Cawapres 2024 Mahfud Md, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menganggap calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka bukan lawan berat bagi Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat cawapres nanti.

Wakil Komandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo, hanya menanggapi santai anggapan Timnas AMIN yang seolah meremahkan kemampuan Gibran.

Sara meyakini putra sulung Presiden Jokowi itu bakal membuktikan apa yang menjadi pertanyaan publik selama ini. Hal itu juga menjadi tantangan bagi sang Wali Kota Solo untuk membuktikan kemampuannya dalam berdebat dan berbicara di depan publik.

"Tidak masalah, ekspektasi lebih rendah lebih bagus untuk kita. Karena artinya kita bisa buktikan apa yang mungkin selama ini menjadi pertanyaan dan juga tantangan yang telah dikerahkan ke kita," kata Sara kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

Keponakan calon presiden Prabowo Subianto ini mengatakan, Gibran Rakabuming Raka sudah punya pengalaman debat di depan publik saat pemilihan wali kota Solo.

"Karena banyak yang sepertinya lupa bahwa Mas Gibran adalah satu-satunya cawapres yang pernah ikut debat. Waktu itu di pilwalkot Solo," ujar Sara.

Sara memastikan Gibran bersama timnya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat cawapres yang akan berlangsung 22 Desember 2023.

"Jadi saya rasa beliau akan persiapkan diri. Bentuknya seperti apa, saya serahkan kepada tim inti beliau dan tim komunikasi. Tapi kita lihat tanggal mainnya nanti," ucap Sara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timnas AMIN Sebut Lawan Berat Cak Imin hanya Mahfud Md di Debat Cawapres

3 Bakal Cawapres di Pilpres 2024 yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud Md, dan Gibran Rakabuming Raka.
Tiga Cawapres di Pilpres 2024 yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud Md, dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Liputan6.com)

Juru Bicara Timnas Pemenangan AMIN, Angga Putra Fidrian, mengatakan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mungkin tegang menghadapi debat cawapres pekan depan. Sebab, debat perdana antar-calon presiden cukup menggemparkan.

"Cak Imin mungkin tegang ya. Lihat hasil debat pertama kayak wow gitu," kata Angga di Posko Timnas AMIN, Jalan Diponegoro X, Menteng, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Namun, Angga yakin Cak Imin bisa mengatasi debat dengan mudah. Karena pengalaman panjang sejak menjadi aktivis hingga anggota Dewan.

"Menurut saya beliau bisa sih. Karena beliau punya rekam jejak yang panjang dalam konteks aktivisme. Dari mahasiswa, debat-debat di DPR di MPR. Beliau punya kapasitas itu," kata Angga.

Kata Angga, hanya butuh mencari bagaimana ciri khas Cak Imin untuk dibawakan saat debat cawapres nanti.

Selain itu, Angga yakin yang menjadi lawan debat Cak Imin nanti hanya cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md.

"Saya sih percaya, lawan berat Cak Imin cuma Mahfud MD," kata Angga.

Wakil Bendahara Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bambang Susanto mengatakan saat ini Cak Imin sedang berada di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah.

"Gus Muhaimin pagi berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah umrah. Insyaallah sampai tanggal 17 Desember. Doain lancar dan mabrur," ujar Wakil Bendahara Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bambang Susanto, Rabu (13/12/2023).


Cak Imin Tidak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Cawapres

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Sumatera Utara, Jumat (8/12/2023).
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Sumatera Utara, Jumat (8/12/2023). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Soal menghadapi debat cawapres, Cak Imin tidak ada persiapan khusus. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan Cak Imin sudah terbiasa dengan debat.

"Pak Muhaimin saya pikir sudah terbiasa sejak di PMII dulu, sampai hari ini di DPR biasa. Debat itu mempertahankan pikiran, bersikap, bertanya, saya pikir hal yang biasa saja," kata Jazilul di KPU, Selasa (12/12/2023).

Hanya yang perlu disiapkan untuk menghadapi debat cawapres nanti adalah kesehatan saja. Jazilul mengatakan akan disiapkan vitamin sebagai suplemen kesehatan Cak Imin

"Yang perlu disiapkan vitamin supaya lebih sehat aja," kata Asisten Coach Timnas Pemenangan AMIN ini.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya