Anies Tampil Kalem di Debat Pamungkas Capres, Cak Imin: Yang Paling Penting Tujuannya

Menurut Cak Imin, di debat terakhir ini Anies lebih fokus pada penyampaian gagasan dan visi misi. Anies, kata Cak Imin, ingin memastikan tujuan debat dilaksanakan tercapai.

oleh Winda Nelfira diperbarui 05 Feb 2024, 05:45 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2024, 05:38 WIB
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Debat Pamungkas Pemilu 2024
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar saat tiba untuk mengikuti Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merespons penampilan calon presiden (Capres) Anies Baswedan yang dinilai kalem saat debat pamungkas capres pada Minggu (4/2/2023) malam.

Menurut Cak Imin, di debat terakhir ini Anies lebih fokus pada penyampaian gagasan dan visi misi. Anies, kata Cak Imin, ingin memastikan tujuan debat dilaksanakan tercapai.

"Ya saya jawab, debat ini kan yang paling penting adalah tujuannya. Saya setuju dengan capres saya. InsyaAllah presiden 2024," kata Cak Imin dalam konferensi pers di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

Cak Imin membeberkan hal yang coba disampaikan Anies di debat pamungkas antar-capres 2024. Menurut dia, Anies mencoba menyampaikan temuannya terkait persoalan yang dihadapi rakyat selama masa kampanye.

"Hasil perjalanan panjang hampir setahun ini ketemu bersalaman dengan semua orang itu kesimpulannya negara tidak boleh cuek, pemerintah tidak boleh abai, negara harus memberikan sebanyak-banyak kebutuhan rakyat terpenuhi sehingga negara tidak boleh berdagang, pemerintah tidak boleh berdagang dengan rakyatnya. Nah itu clue pertamanya," ucap Cak Imin.

Selain itu, Cak Imin menilai dari debat terakhir tersebut capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memperlihatkan sikap setuju terhadap gagasan perubahan yang diusung AMIN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klaim Prabowo dan Ganjar Mulai Setuju Perubahan

Para Capres Dapat Tambahan Waktu di Sesi Penutup
Foto kolase ketiga Calon Presiden pada Pemilu 2024 Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo (kiri ke kanan) saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Clue yang kedua, kesimpulan debat ini coba renungkan sampai malam nanti. Pak Prabowo, Pak Ganjar dua-duanya udah bergeser setuju perubahan. Yok renungkan aja nanti malam saya nggak ngarang ini," ucap Cak Imin.

Hal itu, lanjut Cak Imin, terlihat dari kalimat yang muncul di akhir tanya jawab dan di kesimpulan debat yang disampaikan dua paslon tersebut.

Lebih lanjut, Ketua Umum (Ketum) Partai Kebanggkitan Bangsa (PKB) ini mengaku bersyukur karena Anies dapat menyampaikan kebutuhan paling mendesak Indonesia, terutama di pemerintahan.

"Semua kebutuhan mendesak kita apa? Pemerintahan yang welas asih, pemerintahan yang memberi jawaban atau persoalan, pemerintahan yang tidak mengabaikan problem yang dihadapi rakyat itu tujuan utamanya. Kalau soal slepetan-slepetan itu bukan tujuan itu hanya gimik saja," ujarnya.

Infografis Debat Capres Terakhir Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Debat Capres Terakhir Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya