Ketua Umum APPSI: Hasil Pemilu Adalah Pilihan Rakyat, Harus Dihormati

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menghormati hasil pemilu 2024 yang hari ini berlangsung.

oleh Tim News diperbarui 14 Feb 2024, 21:16 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 17:00 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono.
Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menghormati hasil pemilu 2024 yang hari ini berlangsung.

Berdasarkan hasil hitung cepat sementara sejumlah lembaga, pasangan Prabowo-Gibran mendominasi lebih dari hampir 60 persen perolehan suara nasional.

"Saya selaku Ketua APPSI meminta menghimbau agar semua pihak menghormati hasil pemilu," ujar Sudaryono dalam keterangan tertulisnya, Rabu 14 Februari 2024.

"Saat ini hasil hitung cepat pasangan Prabowo-Gibran sudah menang satu putaran," tambahnya.

Ketua DPD Partai Gerindra ini juga mengingatkan agar pihak yang keberatan dengan hasil pemilu yang sudah berlangsung secara jujur dan adil tersebut bisa membawa keberatannya ke semua jalur yang sudah ditentukan dalam peraturan perundangan mengenai pemilu.

"Kalau pun ada yang keberatan bisa disalurkan ke saluran pemilu yang sah baik itu KPU, Bawaslu, DKPP atau MK," tegasnya.

Dan demi menjalin kerukunan serta menghindari perpecahan antar sesama anak bangsa, Sudaryono juga menegaskan bahwa proses yang berlangsung selama ini sudah sesuai peraturan.

"Dan hasil pemilu ini adalah pilihan rakyat. Dan kami Asosiasi pedagang pasar seluruh Indonesia mendukung pemilu damai," pungkas Sudaryono.


Hasil Quick Count CSIS Indonesia & Cyrus Network 90%: Anies-Cak Imin 25,04%, Prabowo-Gibran 58,23%, dan Ganjar-Mahfud 16,73%

Hasil quick count sementara Pemilu 2024 dari CSIS di angka 75,00% ketiga capres cawapres yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.
Hasil quick count sementara Pemilu 2024 dari CSIS di angka 75,00% ketiga capres cawapres yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (www.liputan6.com)

Hasil perhitungan cepat atau quick count pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024 sedang berlangsung.

Sebagaimana dari keterangan yang diterima, hasil sementara quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network pada Rabu (14/2/2024), pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.

Hasil sementara quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network pada Rabu (14/2/2024) pukul 18.31 WIB, total suara masuk 90 persen menunjukan rincian sebagai berikut:

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,04 persen

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 58,23 persen

Pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,73 persen

Quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network menggunakan populasi 2.000 TPS yang tersebar di 38 provinsi. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling.

Tingkat kepercayaan quick count ini 95 persen dengan margin of error ±1 persen.

Pantau hasil Quick Count Pemilu 2024 selengkapnya di Liputan6.com dalam tautan ini https://www.liputan6.com/pages/quickcount-pemilu-2024 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya