KPU Kota Depok Sediakan 3.000 TPS untuk Pilkada 2024 Dan Pilgub Jawa Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sedang mempersiapkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 28 Mei 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 12:30 WIB
Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin
Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin saat ditemui di kantor KPU Kota Depok. (Foto: Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sedang mempersiapkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok.

Rencananya, KPU Kota Depok akan menyediakan sekitar 3.000 TPS tersebar di 11 Kecamatan di Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin mengatakan, KPU Kota Depok telah menyelenggarakan pemilihan presiden dan legislatif. Selanjutnya, KPU Kota Depok sedang menyiapkan penyelenggaraan Pilgub Jawa Barat dan Pilkada Depok.

"Saat ini kami akan menyiapkan TPS untuk penyelenggaran Pilgub dan Pilkada," ujar Willi, Selasa (28/5/2024).

Willi menjelaskan, KPU Kota Depok sedang melakukan pemetaan terhadap lokasi yang akan dijadikan TPS di 63 kelurahan. KPU Kota Depok berencana akan mengurangi jumlah (Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sebelumnya mencapai 5.570 TPS di 11 Kecamatan.

"Sebelumnya jumlah mencapai 5.570 TPS sekarang dirampingkan menjadi 3.000 an TPS, berkurang sekitar 2.000," jelas Willi.

KPU Kota Depok sedang melakukan pemetaan TPS berdasarkan dari dasar data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Selain itu, KPU Kota Depok pada Pilgub Jawa Barat dan Pilkada Depok akan menambah jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiap TPS.

"Kalau kemarinkan Pileg dan Pilpres tiap TPS-nya sebanyak 300 DPT, kalau sekarang maksimal 600 DPT di tiap TPS, kalau di rata-rata sekitar 550 DPT," ucap Willi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Pengaruhi Pengawas TPS

Sementara, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Depok Andriansyah menuturkan, berkurangnya jumlah TPS dan bertambahnya jumlah DPT akan mempengaruhi pengawas TPS yang akan disiapkan Bawaslu Kota Depok.

Bawaslu Kota Depok akan menyesuaikan jumlah pengawas dengan TPS yang disiapkan di 11 Kecamatan.

"Total pengawas Bawaslu Kota Depok pada Pileg dan Pilpres sekitar 5.570 orang, nah kita akan lakukan hal yang sama jika TPS pada Pileg dan Pilpres di kurangi," tutur Andriansyah.

 


Sesuai Regulasi

Andriansyah menambahkan, Bawaslu Kota Depok akan memberikan pengawasan yang melekat pada proses Pilgub dan Pilkada saat pelaksanaan kampanye.

Hal yang sama akan dilakukan pada saat masyarakat menggunakan hak suara pada hari pencoblosan di TPS.

"Kami dari Bawaslu Depok akan memastikan proses di TPS berjalan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan," pungkas Andriansyah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya