Ini Jagoan PKB untuk Bertarung di Pilkada Jawa Tengah 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal mengusung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 03 Jun 2024, 19:45 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 19:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mengatakan Ketua Umum (Ketum) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipingit tak boleh bicara soal Pilpres 2024.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mengatakan Ketua Umum (Ketum) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipingit tak boleh bicara soal Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal mengusung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2024.

Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar mengatakan, Gus Yusuf merupakan salah satu kader potensial PKB. Sehingga, layak diusung di Pilkada Jateng 2024.

"Terkait Jawa Tengah, tentu kita punya kader yang sangat potensial, Gus Yusuf sebagai ketua DPW PKB Jawa Tengah, basisnya kuat banget," kata Halim di DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Halim menyatakan, memajukan Gus Yusuf di Jateng merupakan obsesi dan cita-cita PKB. Gus Yusuf bakal didorong maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub Jateng 2024.

"Kita ingin agar Gus Yusuf bisa ramai di Pilgub Jawa Tengah dengan posisi gubernur. Ini obsesi dan cita-cita utama kita," katanya.

Meski begitu, menurut Halim proses komunikasi dan negosiasi politik akan tetap dilakukan oleh PKB dan partai politik (parpol) lain untuk membentuk koalisi.

"Politik pasti ada pembicaraan, ada negoisasi, dan macam-macam. tetapi hari ini kita ingin agar Gus Yusuf running di Pilgub Jateng pada posisi calon gubernur, proposal kita seperti itu," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gus Yusuf PKB: Sudaryono Cocok Jadi Gubernur Jateng

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori menilai bahwa sosok politisi Partai Gerindra Sudaryono layak menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Gus Yusuf, begitu ia akrab disapa, Sudaryono adalah sosok anak muda yang mumpuni dan diperlukan masyarakat untuk membangun wilayah Jawa Tengah ke depannya.

"Cocok (jadi Gubernur Jawa Tengah). Tadi kan sudah saya sampaikan, kami berharap nanti kader terbaik untuk Jateng. Beliau (Sudaryono) muda dan inovatif," ujar Gus Yusuf di kediamannya di Pondok Pesantren API Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Rabu 22 Mei 2024.

Selain itu lanjut Gus Yusuf, keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempatkan Sudaryono di Jawa Tengah pada Pilpres 2024 lalu bukan tanpa pertimbangan matang. Dan Sudaryono yang dipilih menjadi Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah hanya beberapa bulan sebelum pencoblosan berhasil memenangkan Prabowo-Gibran menjadi presiden terpilih 2024-2029.

"Dan saya yakin Pak Prabowo menempatkan Mas Dar di Jateng ini sudah melalui seleksi dan pertimbangan yang matang. Beliau (Sudaryono) yang dianggap paling cocok membawa Jateng ke depan lebih baik," terangnya.

 


Buka Peluang PKB dan Gerindra

"Mas Dar sudah lulus dari pertapaan di Jakarta. Sudah siaplah (jadi Gubernur Jawa Tengah)," sambung Kiai lulusan Pondok Pesantren Lirboyo tersebut.

Pada kesempatan itu, Gus Yusuf juga mengungkapkan bahwa partainya terbuka lebar melakukan koalisi dengan Gerindra untuk meraih kursi Gubernur Jateng. Terlebih, kedua partai ini sudah cukup lama berjuang bersama dalam sebuah kontestasi Pilkada di sejumlah wilayah. Termasuk Jawa Tengah.

"Bagi PKB, Gerindra adalah teman seperjuangan kita di Jateng. Seperti kita sampaikan, CLBK, cinta lama bersemi kembali, karena dua kali Pilgub, kita sama-sama dengan Partai Gerindra," kata Gus Yusuf sambil menoleh ke arah Sudaryono yang ada di sebelahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya