Pilkada Kota Tangerang, 8 Parpol Non-Parlemen Deklarasi Dukung Duet Sachrudin-Maryono

Delapan parpol non-parlemen yang mendeklarasikan dukungan terhadap duet Sachrudin-Maryono adalah Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, dan Partai Prima.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 12 Agu 2024, 07:31 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 07:31 WIB
Pilkada Kota Tangerang, 8 Parpol Non-Parlemen Deklarasi Dukung Duet Sachrudin-Maryono
Delapan partai politik non-parlemen mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin-Maryono pada Pilkada 2024. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Sebanyak delapan partai politik (Parpol) non-parlemen mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin-Maryono, Minggu (11/8/2024). Deklarasi ini dilakukan jelang pendaftaran kandidat di Pilkada Kota Tangerang 2024.

Adapun, delapan parpol non-parlemen tersebut adalah Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, dan Partai Prima.

Ketua Presidium Koalisi Non Parlemen Bersama, Ikhsan Bakti mengatakan, partai yang tak memiliki kursi di DPRD Kota Tangerang tersebut sepakat untuk mendukung duet Sachrudin-Maryono untuk bisa memenangkan gelaran Pilkada pada November 2024 mendatang.

"Kami punya 1.004 jaringan dari non-parlemen yang bekerja sama dengan Partai Buruh, dan akan terkoordinasi semua. Kita sudah komunikasi politik dari awal," kata Ikhsan usai deklarasi di Kota Tangerang.

Ikhsan juga menjelaskan, bahwa pasangan Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin-Maryono Hasan dinilai mengerti mengenai permasalahan yang ada di Kota Tangerang, dibandingkan bacalon lainnya yang bukan warga Kota Tangerang.

"Ada yang berjanji memperbaiki Kota Tangerang, tapi bukan orang Kota Tangerang, makanya kami ingin yang memimpin Kota Tangerang adalah orang Kota Tangerang yang mengetahui Kota Tangerang," ungkapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Sachrudin

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menghadiri pelantikan Ketua STAI Asy-Syukriyyah Tangerang Assoc. Prof. Dr. Evan Hamzah Muchtar, M.E.Sy. Selasa (1/7/2023).
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menghadiri pelantikan Ketua STAI Asy-Syukriyyah Tangerang Assoc. Prof. Dr. Evan Hamzah Muchtar, M.E.Sy. Selasa (1/7/2023). (Dok. Istimewa)

Menanggapi dukungan tersebut, Sachrudin meminta partai non-parlemen tersebut bisa menyosialisasikan program keduanya sampai ke akar rumput. Hal tersebut agar kemenangan dirinya bisa terwujud.

"Harapannya memang begitu, partai non-parlemen ini mudah-mudahan bisa menambah kemenangan, lalu bisa sampai ke akar rumput," tuturnya.

Sachrudin juga meminta para kader partai non-parlemen tersebut bukan hanya memberi dukungan berupa sosialisasi hingga ke akar rumput, melainkan juga memberi masukan dan diingatkan agar bisa memimpin Kota Tangerang lebih baik ke depan.

"Kita bangun soliditas kekompakan, 27 (Agustus) besok pendaftaran dan pemilihannya tanggal 27 November nanti. Saya beserta Pak Maryono Insyaallah, mudah-mudahan jadi dan diterima seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Dia pun meminta masyarakat bukan sekedar termakan janji manis keduanya, tapi juga harus dikawal hingga terpilih dan masa jabatannya habis.

"Tapi jangan sekedar janji, tolong kawal saya, ingatkan saya, berikan masukan saya, nasehati saya, untuk menjadi pelayan masyarakat yang terbaik," katanya.


Golkar Beri Rekomendasi Sachrudin-Maryono Maju Pilkada

Wakil Walikota Sachrudin kembali pimpin Golkar Kota Tangerang
Wakil Walikota Sachrudin kembali pimpin Golkar Kota Tangerang. (Pramita/Liputan6.com)

Sebelumnya diberitakan, DPP Golkar mengeluarkan rekomendasi kepada calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Serentak 2024. Untuk Kota Tangerang, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan surat rekomendasi kepada Sachrudin sebagai bakal calon Wali Kota dan Maryono Hasan sebagai bakal calon Wakil Wali Kota.

Rekomendasi tersebut diberikan di kantor DPP Partai Golkar di Palmerah, Jakarta Barat, pada Kamis, 8 Agustus 2024. Surat pengesahan dan pengusungan ini diberikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung, didampingi M.Q. Iswara yang merupakan Ketua Tim Pemenangan Golkar Jawa 1 bersama Wakil Ketua Umum Andika Hazrumy.

Terpisah, bakal calon Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, surat rekomendasi dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto ini menjadi bukti kepercayaan Partai Golkar kepada dirinya dan pasangannya Maryono Hasan, untuk maju dalam kontestasi Pilkada Kota Tangerang.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum Golkar Pak Airlangga Hartarto dan semua jajaran pengurus DPP atas kepercayaan ini. Dengan surat ini, kami siap mengemban tugas dan amanah untuk bekerja keras membawa Kota Tangerang lebih baik lagi," ujarnya, Jumat (9/8/2024)

Dia juga mengatakan dengan diterimanya rekomendasi ini, bersama Maryono akan mengintensifkan komunikasi dengan partai politik lain untuk berkoalisi.

"Komunikasi dengan parpol lain selama ini jalan terus, alhamdulillah lancar. Dengan surat rekomendasi yang sudah di tangan saya ini, komunikasi akan jauh lebih intens. Karena sudah mengerucut pada nama pasangan calon. Intinya kita bergerak lebih massif lagi," lanjutnya.  


Golkar Terbitkan Ratusan SK Dukungan Pilkada 2024

Doli Kurnia.
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Istimewa)

Sementara itu Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, kader Golkar yang diberikan rekomendasi di Pilkada Kota Kota Tangerang merupakan kader-kader terbaik.

Dalam pantaun DPP Golkar, kata Doli, mereka telah menunjukkan dedikasi dan kepemimpinan yang solid selama masa jabatannya.

Keputusan ini diambil setelah melalui proses pertimbangan yang matang serta melihat rekam jejak dan kapasitas pasangan ini dalam memimpin dan membawa perubahan positif bagi kota.

"Kemudian sudah kami rapatkan tadi malam bersama dengan Ketua Umum Pak Airlangga dan juga ada 278 kabupaten kota yang juga sudah kami putuskan," kata Doli.

Dengan begitu, kata Doli, Golkar sudah menerbitkan 22 surat rekomendasi dukungan kepada cagub dan cawagub pada Pilkada 2024. Selain itu, Golkar juga menerbitkan surat dukungan kepada 309 calon bupati/wakil bupati maupun calon wali kota/calon wakil wali kota dalam Pilkada 2024.

"Nanti kita tunggu lagi tanggal 18 Agustus, berarti ada sekitar 15 lagi. Ada 15 lagi calon gubernur dan wakil gubernur dan sekitar 199 lagi calon bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota yang akan kita terbitkan rekomendasi," ungkapnya.

 

Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya