Pilkada Jakarta 2024, Pramono-Rano Karno Jalani Tes Kesehatan di RSUD Tarakan

Pramono Anung mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menjalani tes kesehatan. Pasalnya, dia telah rutin menjalani tes kesehatan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 30 Agu 2024, 08:05 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 07:28 WIB
Pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta 2024, Pramono Anung-Rano Karno menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Jumat (30/8/2024).
Pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta 2024, Pramono Anung-Rano Karno menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Jumat (30/8/2024). (Lizsa Egeham).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta 2024, Pramono Anung-Rano Karno menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Jumat (30/8/2024). Tes ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Pilkada Jakarta 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Rano Karno tiba terlebih dahulu di RSUD Tarakan pada pukul 06.44 WIB. Selang beberapa menit, Pramono Anung tiba pada pukul 06.45 WIB.

Keduanya tampak didampingi oleh istri masing-masing. Tes kesehatan syarat Pilgub Jakarta 2024 ini dimulai pada pukul 07.00 sampai 18.30 WIB.

Pramono Anung mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menjalani tes kesehatan. Pasalnya, dia telah rutin menjalani tes kesehatan.

"Saya memang secara pribadi dan saya yakin juga bang Doel (Rano Karno) kita berdua menjaga kesehatan secara rutin," kata Pramono kepada wartawan di RSUD Tarakan Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Dia optimis tes kesehatannya mendapat hasil yang bagus. Terlebih, Pramono mengatakan dirinya rutin berolahraga sejak 20 puluh tahun yang lalu untuk menjaga tubuhnya tetap bugar.

"Jadi saya meyakini untuk urusan tes kesehatan ini bismillah mudah-mudahan enggak ada hal yang diragukan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Rano Karno yang tak memiliki persiapan khusus. Sebelum menjalani tes kesehatan, Rano Karno diminta untuk berpuasa.

"Paling disuruh minum aja. Jadi cuman air putih aja. Persiapan khusus enggak ada," ucap Rano.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terungkap Alasan PDIP Batal Usung Anies dan Pilih Pramono Anung di Pilkada Jakarta

Kenakan Pakaian Khas Betawi, Pramono Anung dan Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno resmi mendaftarkan sebagai peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anies Baswedan urung diusung PDI Perjuangan di Pilkada Jakarta 2024. Tanpa pengumuman resmi, PDIP justru langsung mendaftarkan pasangan Pramono Anung dan Rano Karno ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Padahal sebelumnya, nama Anies begitu gencar bakal dicalonkan PDIP. Bahkan, Anies sudah sempat datang langsung ke markas DPP PDIP, sebagai sinyal bakal dideklarasikan. Namun nasib berkata lain. PDIP memilih Pramono Anung jadi calon gubernur Jakarta. Dengan begitu, praktis pintu dukungan PDIP tertutup untuk Anies di Jakarta.

Ketua DPP PDI Perjuangan Deddy Sitorus menegaskan bahwa tidak ada masalah antara partainya dengan Anies Baswedan karena batal diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Deddy mengungkapkan Anies langsung berkomunikasi dengan Pramono setelah tidak dipilih menjadi cagub oleh PDIP.

"Jadi Pak Anies tadi langsung berkomunikasi dengan Mas Pramono Anung, karena yang kita lakukan dengan Mas Anies itu kan sebuah penjajakan ideologis," kata Deddy di Kantor DPP PDIP, Jakarta, dikutip Kamis (29/8/2024).

Deddy menilai batalnya Anies diusung oleh PDIP di Pilkada Jakarta 2024 bukan menjadi akhir. Sebab, Anies masih memiliki peluang untuk berkolaborasi di pemerintahan selanjutnya.

"Pak Anies ini kan masih punya banyak energi, banyak punya kesempatan untuk terus aktif di dalam dunia politik. Jadi saya kira ini bukan akhir. Justru dengan komunikasi intens kemarin dengan Pak Anies itu membuka ruang yang lebih besar untuk kemudian kolaborasi dengan Pak Anies dalam pemerintahan selanjutnya," ujar Deddy.

Lebih lanjut, Deddy menyebut, alasan PDIP tak jadi usung Anies sebagai calon gubernur Jakarta bukan karena perbedaan ideologi. "Ada tarik menarik di antara dua kultur, ini yang kemudian masih butuh proses untuk disatukan. Masih butuh proses untuk disinergikan," ucap Deddy.

"Nah, pada titik itulah kemudian kita melihat adanya kebutuhan mendorong Mas Pram ada di situ sebagai solidarity maker untuk kemudian ada proses sejarah, proses politik bangsa ini nanti membuat Jakarta ini bisa melupakan masa lalu yang cukup buruk dalam kontestasi politik," jelas Deddy.


PDIP Berharap Anies Jadi Bagian Tim Pramono-Rano Karno

Deddy Sitorus berharap Anies Baswedan dapat menjadi bagian dari tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Pramono Anung-Rano Karno.

"Ya kita berharap seperti itu, kita berharap Pak Anies mau menjadi bagian dari tim ini. Bukan hanya memenangkan gubernur, tapi menyelesaikan persoalan-persoalan ketegangan-ketegangan akibat Pilgub 2018 itu," kata Deddy.

Tak hanya itu, kata Deddy, PDIP ingin Anies bisa menjadi komunikator untuk wilayah-wilayah yang memiliki basis massa yang kuat.

"Bahkan lebih jauh dari situ, kami berharap Pak Anies juga mau menjadi, katakanlah komunikator, untuk juga bicara di daerah-daerah di mana basis pendukungnya kuat," ujar Deddy.

"Katakanlah NTB, Sumatera Barat, tempat-tempat lain yang saya kira beliau didengar dengan sangat baik oleh masyarakat," sambungnya.

Namun, dia menegaskan, PDIP tak pernah meminta untuk Anies Baswedan menjadi kader partai berlambang kepala banteng itu.

"Ini kan komitmen ke bangsa, bukan konteks kader. Kita kan membutuhkan semua orang, siapa pun yang punya kemampuan artikulatif, punya modal politik, modal sosial, untuk bisa menyampaikan hal-hal penting kepada masyarakat," ucap Deddy.

Bahkan, saat Anies masuk dalam bursa calon gubernur Jakarta, PDIP tak pernah memintanya untuk menjadi kader.

"Tidak ada. Kita tidak pernah menawarkan Pak Anies untuk menjadi anggota PDI Perjuangan. Karena kalaupun kemarin kita memilih Pak Anies, kan kita sudah diwakili oleh Pak Rano Karno sebagai kader. Kita enggak seserakah itu," papar Deddy.

"Tidak pernah ada usulan kepada Pak Anies untuk menjadi kader PDIP perjuangan," kata Deddy.

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya