Dengar Curhatan Penyandang Disabilitas, Ridwan Kamil: Banyak yang Belum Dapat Kartu Subsidi

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapatkan curhatan dari para penyandang disabilitas saat menjajal transportasi bus Transjakarta.

oleh Tim News diperbarui 13 Sep 2024, 19:20 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 19:20 WIB
Di Halte Tosari, Ridwan Kamil Tampung Curhatan Penyandang Disabilitas
Menurut Ridwan Kamil, pasangan RK-Suswono (RIDO) memiliki komitmen menciptakan Jakarta yang lebih adil dan inklusif bagi semua warganya, termasuk kaum disabilitas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapatkan curhatan dari para penyandang disabilitas saat menjajal transportasi bus Transjakarta. Dia mengatakan, banyak dari mereka yang belum mendapatkan kartu subsidi dari pemerintah.

"Sekilas tadi sambil jalan, salah satu aspirasinya ada banyak dari mereka belum dapat kartu subsidi ternyata. Jadi mungkin masalah birokrasi saja," kata Ridwan Kamil di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

"Jadi keberpihakannya ada, tapi belum didapatkan, juga ingin memperluas kalau bisa subsidinya juga sampai ke MRT atau fasilitas kendaraan umum lainnya," sambung pria yang kerap disapa Kang Emil ini. 

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Barat ini juga ingin agar Transjakarta bisa lintas batas wilayah atau dengan rute Jabotabek.

"Secara umum itu dan saya kira masukan dari Pak Sutiyoso juga dan memang aspirasi agar Transjakarta ini bisa lintas batas wilayah ke Tangerang, ke Bogor ke Bekasi. Sehingga seamless tidak berhenti di perbatasan kota," ucap dia.

"Karena ada 3-4 juta orang yang tinggalnya tidak di Jakarta. Jadi siang ke sini, kemudian sore atau malam kembali ke wilayah yang bukan Jakarta," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil pun menjelaskan, program utama pasangan Ridwan Kamil - Suswono (Rido) terhadap penyandang disabilitas, salah satunya terkait dengan pekerjaan.

"Tentu masalah akses yang tadi saya harapkan bisa lebih komprehensif dua akses pada pekerjaan, karena banyak saya wawancara masih banyak industri-industri pekerjaan di Jakarta yang belum membuka waktu saya gubernur Jawa Barat, saya membuat kebijakan equal opportunity employer," ungkapnya.

"Jadi mereka adalah perusahaan yang memberikan kesetaraan kepada akses, jadi mereka harus memberikan akses seluas-luasnya pada saat ada lowongan pekerjaan. Kecuali membuktikan 1-2 jenis pekerjaan itu memang tidak bisa oleh kaum disabilitas baru kita approve, tapi sisanya harus merata jadi dua itu," pungkas Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Simak Curhatan Penyandang Disabilitas Sambil Naik Transjakarta

Di Halte Tosari, Ridwan Kamil Tampung Curhatan Penyandang Disabilitas
Usai mendengar curahan hati penyandang disabilitas, Bacagub DKI Jakarta Ridwan Kamil menjanjikan akses yang komprehensif untuk warga disabilitas terkait fasilitas publik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengunjungi Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan sejumlah penyandang disabilitas untuk menampung aspirasi mereka.

"Nanti akan saya simak curhatan-curhatannya seperti apa, kira-kira gitu. Salah satunya tentang mobilitas, bagaimana bergerak dari rumah ke tempat kerja, tentu menggunakan transportasi," kata Ridwan Kamil di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku telah menjajal menggunakan Transjakarta bersama dengan penyandang disabilitas.

"Kenapa tadi kita tes bersama-sama, menggunakan Transjakarta, bagaimana mereka sebagai warga tentu punya hak untuk nyaman melakukan mobilitas," ujarnya.

Menurutnya, ciri-ciri kota yang baik adalah kota yang adil terhadap semua. Baik terhadap lanjut usia (lansia), anak kecil hingga kaum disabilitas.

Saat ditanya soal sejauh mana akses disabilitas di transportasi umum, dia menyebut, sudah ada beberapa yang cukup memadai.

"Sepanjang yang saya tahu di wilayah-wilayah yang sifatnya central business districtnya atau di pusat kota seperti Sudirman-Thamrin relatif sudah memadai. Hanya, di daerah-daerah yang bukan wilayah pusat, saya amati memang belum merata kira-kira begitu. Kita kan ada program salah satunya kan Jakarta merata," pungkas Ridwan Kamil.

 


Ahmad Riza Patria Jadi Ketua Timses Ridwan Kamil-Suswono

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut partainya mempertimbangkan Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut partainya mempertimbangkan Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta. (Winda Nelfira).

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Ahmad Riza Patria ditunjuk sebagai ketua tim sukses (timses) pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono. Ridwan Kamil mengatakan, timses pasangan Ridwan Kamil-Suswono ini nantinya diisi 70 persen anak-anak muda.

"Ahmad Riza Patria sudah fix, tinggal kita umumkan secara resmi bersama timses yang 70 persen anak-anak muda contohnya Mbak Angkie (Angkie Yudistia) ini jubir saya, salah satu jubir jadi wajah timses kami, mayoritas seumuran beliau," kata Ridwan Kamil di Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Tak hanya diisi oleh anak-anak muda, nantinya juga Timses Ridwan Kamil-Suswono akan diisi oleh para publik figur. "Oh banyak," ujar dia.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengatakan, Ahmad Riza Patria akan diumumkan secara resmi menjadi ketua timses dalam tiga hari ke depan. "Mungkin dalan 2-3 hari ini," pungkas dia.

Sebelumnya, Bendahara Umum (Bendum) Partai Nasdem Ahmad Sahroni, menyatakan diri batal menjadi ketua tim pemenangan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono.

"Setelah diskusi yang lebih mendalam dengan anggota koalisi, maka diputuskan bahwa ada penugasan lain untuk saya, dan posisi ketua timses RK-Suswono akan dipegang rekan yang lain," kata Sahroni kepada awak media, Senin (9/9/2024),

Meski demikian, Sahroni mengaku tidak bisa membeberkan siapa sosok pengganti ketua timses pasangan Ridwan Kamil - Suswono. "Nanti elite koalisi yang akan umumkan," kata dia.

 

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya