Atasi Macet Jakarta, Ridwan Kamil Mau Bikin Riverway Melintasi 13 Sungai

Selain inovasi riverway, Ridwan Kamil menyebut juga berencana melakukan perluasan flyover yang ada di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Okt 2024, 20:54 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 20:52 WIB
Cagub Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Cagub Ridwan Kamil dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengatakan punya inovasi untuk membangun riverway atau perahu yang dapat melintasi sungai-sungai di Jakarta. Hal tersebut guna mengatasi kemacetan di Jakarta.

Hal ini disampaikan RK dalam debat perdana cagub-cawagub Pilkada Jakarta di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam (6/10/2024).

"Mengatasi macet ada dua ideologi, ideologi memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, Busway dan lain sebagainya. Kita mungkin akan berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata RK.

Selain inovasi riverway, RK menyebut juga berencana melakukan perluasan flyover yang ada di Jakarta. Tak hanya itu, RK juga ingin membangun pusat perekonomian di wilayah lain Jakarta selain Jakarta Pusat.

"Sehingga orang Selatan tinggalnya di Selatan tidak usah ke Pusat. Tinggal di Selatan kerja di Selatan, nge-mal di Selatan. Orang di barat tinggal di Barat kerja di Barat," ucap dia.

Lebih jauh, RK menyampaikan cara itu dimaksudkan mengurangi pergerakan warga ke satu wilayah administrasi Jakarta.

Dia berpandangan bahwa cara semacam itu bakal efektif mengurangi kemacetan. Pasalnya, ujar dia, kemacetan di Jakarta disebabkan oleh pergerakan warga yang berkegiatan satu arah menuju pusat Jakarta.


Ridwan Kamil: Ketimpangan Gender Kuncinya Pendidikan, Kita Dukung Sekolah Gratis

Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024, Setiap Pasangan Calon Sampaikan Visi-Misi
Dalam segmen pertama, tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur diperkenankan membacakan visi-misi masing-masing. Tampak pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono sesaat sebelum menyampaikan visi misi dalam segmen pertama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), menyebut untuk mengatasi ketimpangan gender, kunci utamanya harus membenahi pendidikan. Dia bilang, mendukung program sekolah gratis untuk memberantas ketimpangan gender di Jakarta.

Hal ini disampaikan RK dalam debat perdana cagub-cawagub di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu malam (6/10/2024). Masing-masing pasangan calon (Paslon) ditanyai langkah strategisnya untuk meningkatkan partisipasi perempuan di pekerjaan dan pendidikan di Jakarta.

"Ketimpangan gender ini kuncinya adalah pendidikan. Kita ada program bersama DPRD yang sudah melakukan inisiatif, kita dukung sekolah gratis, tidak hanya di negeri tapi juga swasta," kata RK.

RK tak menampik, kota besar umumnya hanya aman bagi lelaki dewasa, namun tidak aman untuk perempuan dan anak-anak, hingga lanjut usia (lansia).

Menurut Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) ini, ia dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono, berencana menunjuk total 1.100 sekolah untuk program sekolah gratis bagi anak-anak yang putus sekolah di Jakarta.

Tak hanya itu, dia bakal mendorong kaum perempuan untuk mendapatkan manfaat program pendidikan lainnya yang akan dihadirkan di Rukun Warga (RW) di Jakarta.

"Kita ada program sekolah perempuan buat anak-anak ibu-ibu sekolahnya di balai RW, kurikulumnya tentang ekonomi keluarga keharmonisan keluarga dan lain sebagainya," ucapnya.

Melalui program itu, dia sepakat, kaum perempuan harus dilindungi hingga memperoleh kesetaraan dengan perlindungan dari calon gubernur dan wakil gubernur yang nantinya memimpin Jakarta.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya