Ngabuburit di Rumah Tak Kalah Seru, Lho!

Mengisi waktu ngabuburit dengan tetap berada di rumah tak kalah seru. Kekurangan ide? Ini beberapa contohnya.

oleh Isnaini Khoirunisa diperbarui 15 Jun 2016, 07:09 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2016, 07:09 WIB
Ngabuburit di Rumah, Tak Kalah Seru Lho!
Mengisi waktu ngabuburit dengan tetap berada di rumah tak kalah seru. Kekurangan ide? Ini beberapa contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Ritual menunggu waktu jelang berbuka puasa atau yang disebut sebagai ngabuburit telah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Umumnya orang mengisi waktu senggang ini dengan ragam kegiatan contohnya berjalan-jalan keluar rumah sembari membeli cemilan berbuka.

Tak heran, kepadatan kerap terjadi di jalanan di waktu ngabuburit. Untuk Anda yang lebih senang berada di dalam rumah, ada banyak aktivitas seru yang bisa dicoba lho. Namun sebagian orang memilih untuk tidur ketika menunggu adzan Maghrib berkumandang.

Menurut riset yang dilakukan oleh Awesometrics, percakapan mengenai kegiatan tidur saat ngabuburit di Twitter mendapat cuit sebanyak 103 kali. Meski dihitung berpahala, namun sebenarnya Anda punya banyak kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan. Ingin tau apa saja? Simak lima tips dari Rumah.com berikut ini.

Menonton

Bagi Anda yang suka kegiatan ringan dan menyenangkan, menyaksikan serial televisi atau film favorit bisa menjadi pilihan. Kumpulkan dulu film apa yang akan ditonton sebelum waktu ngabuburit tiba. Jika ingin menyaksikan tayangan singkat, Anda juga bisa menonton acara-acara religi atau kultum (kuliah tujuh menit) yang seringkali ditayangkan oleh stasiun televisi lokal.

Memasak

Daripada membeli makanan atau takjil di luar, lebih baik Anda memasak sendiri makanan buka puasa bersama keluarga. Selain hemat dan kreatif, pastinya ada kesenangan tersendiri jika bisa menyajikan makanan yang di masak sendiri. Ajak kakak atau adik untuk memasak bersama untuk mengakrabkan semua anggota keluarga.

Tadarus Al Qur’an

Tidak ada yang lebih baik selain menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Selain pahala yang berkali lipat, Anda juga bisa lebih menghayati ibadah puasa yang sedang dilakukan. Bila dilakukan dengan rutin, target khatam Al-Qur’an Anda pun bisa lebih cepat tercapai!

(Baca Juga: Menciptakan Spot Tadarus di Rumah)

Berkebun

Pekarangan rumah yang rapi tidak hanya enak dipandang namun juga membuat hati Anda senang. Nah jika biasanya Anda tidak punya waktu untuk merapikan kebun, maka ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk berkebun! Tidak perlu melakukan kegiatan angkat-angkat pot yang berat, Anda bisa cukup merapikan rumput liar dan menyiram tanaman di pot.

(Baca Juga: Pahami Cara Menyiram yang Baik dan Benar)

Bersih-Bersih Rumah

Merasa lemas saat sedang puasa? Ayo gerakkan tubuhmu dengan melakukan aktivitas bersih-bersih rumah. Pilih kegiatan ringan seperti menyapu dan mengepel, atau merapikan laci dan meja makan agar rumah lebih kinclong. Untuk mengepel rumah lebih efektif dan cepat, Anda bisa mencoba metode yang tepat seperti yang ada pada link artikel di bawah ini.

(Baca Juga: Bersih-Bersih Lantai Saat Puasa)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya