Cara Mudah Bikin Bioskop di Rumah

Begini langkah untuk menghadirkan bioskop di rumah Anda.

oleh boyleonard diperbarui 05 Sep 2016, 18:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2016, 18:00 WIB
20160905-bioskop rumahan-rumahcom-boy
Begini langkah untuk menghadirkan bioskop di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda termasuk orang yang senang menonton film atau movie freak istilahnya, coba deh iseng-iseng menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk menonton film di bioskop. Jangan lupa hitung ongkos dan popcorn-nya ya.

Berapa biayanya? Jika angkanya cukup lumayan sayang juga ya. Lalu mengapa tidak menyiasatinya? Seperti nonton di rumah saja misalnya. Apalagi sekarang, kualitas gambar dan suaranya juga bisa dibuat seperti di bioskop loh!

Dan jika Anda ingin membuat bioskop pribadi di rumah, maka berikut adalah panduan dari Rumah.com yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkannya. Begini langkah-langkahnya.

Jika Anda termasuk orang yang senang menonton film atau movie freak istilahnya, coba deh iseng-iseng menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk menonton film di bioskop. Jangan lupa hitung ongkos dan popcorn-nya ya.

Berapa biayanya? Jika angkanya cukup lumayan sayang juga ya. Lalu mengapa tidak menyiasatinya? Seperti nonton di rumah saja misalnya. Apalagi sekarang, kualitas gambar dan suaranya juga bisa dibuat seperti di bioskop loh!

Dan jika Anda ingin membuat bioskop pribadi di rumah, maka berikut adalah panduan dari lifehacker.com yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkannya. Begini langkah-langkahnya.

Langkah pertama : Memilih barang-barang elektronik

Yang dibutuhkan adalah sebuah proyektor, layar, sepasang pengeras suara yang bagus dan juga pemutar film.

Perlengkapan elektronik yang dibutuhkan untuk membuat bioskop adalah sebuah proyektor, layar, sepasang pengeras suara yang bagus dan juga pemutar film. Untuk kualitas yang paling baik mungkin Anda akan membutuhkan biaya lebih.

Dan jika ruangan yang dimilliki di rumah tidak terlalu luas, Anda cukup memilih barang-barang dengan kualitas medium. Sebuah proyektor dengan 1000 lumen dan 720p DLP sudah cukup memadai.

Memilih sebuah layar akan lebih mudah daripada memilih sebuah proyektor karena hanya memiliki dua pilihan yaitu layar yang bisa dibuka tutup dengan cara menariknya, atau sebuah layar yang menempel di dinding sehingga akan selalu terlihat meskipun sedang tidak digunakan.

Beberapa merk layar menjanjikan gambar yang lebih tajam. Pastikan jarak pandang antara tempat duduk dengan layar sesuai agar Anda bisa menonton film dengan nyaman.

Sepasang pengeras suara juga merupakan elemen yang penting untuk bioskop di rumah. Benda inilah yang akan menentukan kualitas menonton Anda (selain sebuah proyektor).

Berbeda dengan televisi yang sudah memiliki pengeras suara, untuk menginstalasi sebuah pengeras suara Anda harus memasang kabel audio. Dan solusi untuk mengantisipasinya dengan menggunakan audio transmitter tanpa kabel yang kini sudah banyak dijual di toko elektronik.

Terakhir, memilih sebuah pemutar film mulai dari DVD atau Blu-ray player yang kini tersedia dengan berbagai varian dan harga.

Langkah kedua : Memasang proyektor dan juga layar

Buat perhitungan yang tepat antara layar dan juga proyektor.

Salah satu tahapan yang sulit adalah mengatur letak proyektor dan juga layar. Buat perhitungan yang tepat antara layar dan juga proyektor. Pertimbangkan juga gangguan apa yang mungkin akan timbul.

Jika hal ini diangggap sulit, banyak aplikasi online yang dapat membantu menghitung jarak antara layar dan proyektor dengan ukuran ruangan yang sesuai. Pasang proyektor di tempat yang tetap, jangan dipindah-pindahkan agar Anda tidak kesulitan mengatur ulang.

Langkah ketiga : Menggabungkan seluruh elemen

Jika Anda sudah melakukan perhitungan sebelumnya maka gambar tidak akan meleset dari layar

Ketika Anda sudah selesai memperhitungkan semua penempatan, kini saatnya untuk memasang semua barang elektronik. Minta bantuan seorang teman untuk memudahkan prosesnya.

1. Pasang layar di lokasi dinding yang sudah dipilih. Minta bantuan teman untuk menahannya dan Anda akan meilihat dari jauh apakah penempatan layar sudah sesuai atau belum. Untuk layar yang bisa dibuka tutup, buka layar terlebih dahulu agar Anda dapat melihat apakah jarak menonton sudah cukup.

2. Nyalakan proyektor dan tembakkan ke layar. Jika Anda sudah melakukan perhitungan sebelumnya biasanya gambar tidak akan meleset dari layar. Buat pengaturan gambar di proyektor agar dapat terlihat sesuai dengan ukuran layar sehingga gambar dapat terlihat dengan jelas.

3. Mulai menyalakan film, dan nikmati bioskop pribadi Anda di rumah!

Oops! Satu lagi, jangan mengunduh atau membeli film secara ilegal, ya!

Foto: Lifehacker.com

Mita Agustina

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya