Mending Rumah Baru di Depok atau Rumah Bekas di Jakarta?

Dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah bekas di Jakarta atau lebih baik rumah baru meski berada di pinggir kota seperti Depok?

oleh Fathia Azkia diperbarui 28 Des 2017, 13:45 WIB
Diterbitkan 28 Des 2017, 13:45 WIB
Botania Lake Residence, Sawangan, Depok
Botania Lake Residence, Sawangan, Depok

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, rumah pertama sebaiknya adalah rumah yang dalam kondisi baru. Meski ada juga yang memilih rumah bekas dengan alasan harga lebih terjangkau dan lokasi strategis.

Seperti dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah bekas di Jakarta atau lebih baik rumah baru meski berada di pinggir kota. Di Depok, misalnya. Dengan pertimbangan bujet yang dimiliki tidak lebih dari Rp1 miliar.

Berdasarkan kanal www.rumah.com/properti-jual, di area Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, rumah bekas seluas 50m2 dibanderol Rp800 juta. Masih di kecamatan yang sama, rumah di kawasan permukiman Kalibata dijual seharga Rp700 juta dengan spesifikasi LB 70m2 dan LT 90m2.

Baca juga: Pilihan Cara Bayar Beli Rumah yang Pintar

Sedangkan di Pondok Labu, Jakarta Selatan, rumah seken dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi dihargai Rp950 juta. Lain lagi di Srengseng Sawah, Jagakarsa, rumah dengan luas 92m2 dijual seharga Rp9,6 jutaan per meter persegi. Demikian seperti dikutip Rumah.com.

Jika ingin membeli rumah baru di Jakarta, siapkan dana paling sedikit Rp1,5 miliar untuk bisa menghuni salah satu unit rumah di Pomentia Residence, yang mematok rumah dua lantai seharga Rp1,4 miliar.

Pilihan lainnya ada Elysian Residence, yang beralamat di Jalan Joe No.10, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Klaster ini terdiri dari 67 unit rumah, dengan harga mulai Rp1,4 miliar untuk unit tipe 70.

Namun jangan khawatir, di Jakarta Utara masih ada rumah tapak yang dipasarkan Rp900 jutaan seperti Permata Gading Residence. Kompensasinya, rumah tersebut hanya memiliki luas 36 meter persegi dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Di Jakarta bagian timur, rumah baru harga Rp700 jutaan bisa ditemui di Zhafira Town House. Unit terkecilnya itu mempunyai luas bangunan 50m2 dan luas tanah 83m2, dengan konsep hunian modern berpadu sentuhan aura klasik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sementara di Depok…

Pesatnya pembangunan infrastruktur di Depok, terutama penyediaan akses yang mudah untuk menjangkau Jakarta tak ayal menjadi nilai tambah kawasan ini.

Jika di Jakarta rumah di bawah Rp1 miliar luas bangunannya tidak lebih dari 50m2, lain halnya dengan rumah baru di Depok.

  • Seperti di Botania Lake Residence, rumah dua lantai seluas 70m2 dijual seharga Rp900 juta. Selain bangunan dan lahan yang luas, keunggulan perumahan ini adalah adanya fasilitas seperti kolam renang, club house, jogging track, dan lingkungan yang sangat nyaman.
  • Di The Ariston Platinum, Cilodong, Depok, pembeli rumah pertama bisa menemukan puluhan hunian dua lantai (LB 80m2) harga mulai Rp788 juta bergaya modern minimalis.Tidak hanya lokasinya strategis, perumahan juga mengadopsi jaringan listrik dan saluran air bawah tanah, lengkap dengan fasilitas berupa masjid, kolam renang, dan arena bermain.
  • Beralih ke kawasan Cipayung, Depok, ada sebuah perumahan yang berjarak hanya sekitar 3,2 kilometer dari stasiun kereta Citayam. Cipayung Royal Residence adalah klaster perumahan empat tipe yang dilengkapi fasilitas seperti taman dan keamanan CCTV 24 Jam.Dengan banderol harga mulai dari Rp815 juta untuk unit seluas 130m2, rumah dua lantai ini bisa menjadi pilihan strategis untuk bertempat tinggal.
  • Sawangan Residence Ideal yang berada di di Jalan Raya Bojongsari, menawarkan tipe 64/90 seharga Rp895 juta. Perumahan ini dilengkapi lingkungan yang sudah hidup berupa deretan ruko berisi minimarket, PAUD, ATM Center, dan tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhan keluarga penghuni pada umumnya. Fasilitas lainnya adalah masjid dan outdoor playground untuk anak-anak dan keluarga.

Ingin segera memiliki rumah idaman maupun apartemen baru di Kota Depok? Temukan pilihannya mulai harga Rp500 jutaan di sini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya