Berbagi Peran, Dukungan APD dari Tionghoa Mamuju

Tak hanya prihatin karena RS dan Puskesmas kekurangan APD, maka PSMTI mendukung garda terdepan pencegahan penularan Covid-19.

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 16 Apr 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2020, 09:00 WIB
PSMTI Kabupaten Mamuju
PSMTI Mamuju saat menyerahkan secara langusng bantuan APD

Liputan6.com, Mamuju - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 200 set kepada sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang ada di ibu kota provinsi ke-33 itu.

Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam mencegah penularan Corona Covid-19. Tidak dipungkiri sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Mamuju memang kekurangan APD yang menjadi perlindungan utama tenaga medis dalam bekerja.

Ketua Harian PSMTI Mamuju Budi Oetomo mengatakan, penyerahan bantuan APD ini sudah tiga kali mereka lakukan. Jika sebelumnya yang mendapatkan bantuan hanya pihak rumah sakit saja, kali ini mereka juga memberikan kepada sejumlah puskesmas.

"Jumlahnya memang tidak besar, tapi kami akan terus mengusahakan selalu ada bantuan. Semoga apa yang kami bantukan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan medis yang ada di Mamuju sebagai garda terdepan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 ini," kata Budi kepada Liputan6.com, Rabu (15/04/2020).

Sementara itu Wakil Ketua PMSTI Mamuju Charlie Wijaya menambahkan, bantuan ini berasal dari donasi yang mereka kumpulkan dari anggota PSMTI sebagai bentuk kepedulian akan penanganan Corona Covid-19. Selain bantuan APD, mereka juga telah menyalurkan sejumlah peralatan medis lainnya, seperti masker dan sarung tangan.

"Kagiatan ini sudah berjalan dari tiga minggu yang lalu, dimana kami mulai dengan penyemprotan desinfektan kepada seluruh kelurahan yang ada di Mamuju. Kami juga menyerahkan peralatan medis lainnya, termasuk bilik desinfektan ke sejumlah rumah sakit," ujar Charlie.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:


Saling Menguatkan

PSMTI Mamuju serahkan bantuan ke RS Mitra Manakarra
Ketua Harian PSMTI Mamuju Budi Oetomo saat menyerahkan bantuan peralatan medis seperti masker, sarung tangan serta bilik desinfektan ke rumah sakit

Charlie juga mengajak seluruh masyarakat agar tetap mengikuti himbauan pemerintah serta lebih meningkatkan rasa kepedulian kepada sesama di tengah wabah virus mematikan ini. Karena dalam situasi seperti ini, saling mendukung dan menguatkan sangatlah besar artinya.

Sekertaris PSMTI Sulawesi Barat Febrianto Wijaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Tionghoa yang berdomisili di Mamuju. Karena sudah menyisihkan sedikit rejeki mereka untuk membantu para medis yang bertugas di tengah wabah Corona Covid-19.

"Kita harap ini terus berlanjut. Pesan saya kepada teman-teman medis, tetap semangat dan jaga kekompakan dalam menghadapi kondisi saat ini," tutur Febrianto.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bambu Mamuju Nuning Kurniati menyambut baik bantuan APD dari PSMTI ini, karena saat ini mereka sedang kekurangan APD. Bantuan APD dari pemerintah daerah jumlahnya terbatas, sementara mereka harus tiap hari bersentuhan langsung dengan pasien saat melakukan pemantauan.

"Saat ini memang sudah ada APD, tapi masih sedikit. Jadi penggunaannya kita berbagi, kita juga masih menunggu dari pemda, untuk tambahan bantuan hari ini sudah bisa digunakan teman-teman. Kita di puskesmas bisa dikatakan paling pertama kontak, jadi apapun kondisinya kami harus siap dengan APD," kata Nuning.

Nuning juga berharap, akan lebih banyak lagi pihak yang memberikan bantuan APD dan peralatan medis kepada mereka. Karena itu akan sangat besar nilainya dalam melakukn penanganan dan pencegahan Corona Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya