Kisah Sukses Para Alumni Program Kartu Prakerja Asal NTT Ini Bikin Haru

Program kartu prakerja di Nusa Tenggara Timur (NTT) sukses mengurangi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Kisah sukses para alumni program tersebut disampaikan dalam artikel berikut ini, simak selengkapnya di bawah ini.

oleh Dewi Divianta diperbarui 09 Des 2021, 09:13 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2021, 08:00 WIB
DPR RI Apresiasi Program Kartu Prakerja
DPR RI Apresiasi Program Kartu Prakerja (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kartu prakerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar tatap muka penerima kartu prakerja Provinsi NTT Pulau Sumba di Lelewatu resort, Sumba Barat, NTT.

Perwakilan 21 alumni hadir bersama dengan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Kementerian Perekonomian Rudy Salahuddin, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, dan para Bupati Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Sumba Tengah.

Perwakilan alumni kartu prakerja, Quintheresz Pariamalinya dari Sumba Timur bekerja sebagai petugas pendamping desa di Pulau Sumba, menceritakan manfaat nyata dari program kartu prakerja.

Dirinya mengambil pelatihan menjadi MC andal agar bisa lebih luwes berbicara di depan umum serta pelatihan desain untuk membantunya membuat perencanaan infrastruktur. "Dana insentif saya gunakan untuk membeli perangkat lunak komputer dan sejumlah buku," katanya.

Sementara itu, Erin Carolina Lawa dari Sumba Barat menceritakan pengalamannya mengambil pelatihan berkaitan memasak dan tata rias. "Dari hasil belajar pelatihan, saya membuka usaha berjualan alat-alat rias wajah secara daring," ujar Erin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Ucapan Terima Tasih kepada Presiden Jokowi

Alumni program tersebut merasakan manfaat besar dalam kehidupan mereka khususnya untuk perekonomian mereka. Mereka memanfaatkan saldo pelatihannya antara lain dengan belajar ‘Sukses Jualan Lewat Sosial Media’ serta Simulasi Ujian CAT CPNS Online. Mereka juga menggunakan insentif yang diperoleh untuk membangun usaha jual beli sembako.

Tak hanya itu, ada pula yang bercerita pengalaman alumni program kartu prakerja pernah berkali-kali mendaftar sebelum mendapatkan program itu.

Setelah mendapatkan mereka menggunakan dana insentif untuk modal bisnis berjualan ayam. Pelatihan yang diikuti sangat bermanfaat bagi mereka belajar.

Mereka menyampaikan terima kasih banyak terutama bagi bapak Presiden Joko Widodo, Airlangga Hartarto, juga tim kartu prakerja, yang sudah memberikan program kartu prakerja yang dianggap mampu menambah kreativitas dengan ilmu yang diterima melalui pelatihan itu.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, dirinya berharap, program kartu prakerja dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh warga NTT dan dapat dimaksimalkan oleh pemerintah daerah setempat. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya