Teken MoU dengan Pemprov Sulbar, Susi Air Layani Penerbangan Mamuju ke Balikpapan

Susi Air akan membuka rute penerbangan baru dari Mamuju, Sulawesi Barat ke Balikpapan, Kalimantan Timur

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 24 Agu 2022, 21:39 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2022, 21:30 WIB
Pemprov Sulbar
Pemprov Sulbar tandatangani MoU dengan Susi Air untuk pembukaan rute Mamuju-Balikpapan (Foto: Liputan6.com/Humas Pemprov Sulbar)

Liputan6.com, Jakarta - Susi Air akan membuka rute penerbangan baru dari Mamuju, Sulawesi Barat ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Rute baru itu dibuka setelah Pemprov Sulawesi Barat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Susi Air di Jakarta, Rabu (24/08/22).

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Direktur Utama PT Sulawesi Barat Malaqbi (Perseroda), Arianto Burhan Makka dan Direktur Utama PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air), Zulkarnaen Adinegara. Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik dan Komisaris Utama Susi Air, Susi Pudjiastuti menyaksikan penandatanganan itu.

"Penerbangan ini rencananya akan dimulai pada tanggal 1 September 2022 mendatang,” kata Susi Pudjiastuti usai penandatanganan MoU. 

Susi mengungkapkan, untuk rute baru Mamuju ke Balikpapan itu, Susi Air akan mengoperasikan pesawat baru. Dengan menggunakan pesawat baru itu dapat menghemat biaya operasional hingga delapan persen.

“Nantinya dengan menggunakan pesawat baru ini juga akan menghemat 80 persen waktu terbang dari Mamuju ke Balikpapan,” ungkap Susi.

Sedangkan, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik mengungkapkan kebahagiaannya setelah menandatangani MoU dengan Susi Air untuk rute penerbangan Mamuju ke Balikpapan. Dia mengatakan, secara ekonomi dapat menghemat pengeluaran dan akan mengefesienkan waktu tempuh.

“Kalau selama ini kita kalau mau ke Balikpapan harus ke Makassar dulu, maka sekarang bisa langsung Mamuju-Balikpapan," ungkap Akmal.

Akmal juga menegaskan, dengan dibukanya rute penerbangan Mamuju ke Balikpapan pihaknya sudah menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo untuk menopang pembangunan IKN. Posisi Sulawesi Barat sangat strategis sebagai salah satu daerah penyangga utama pembangunan IKN Nusantara.

"Hebatnya lagi rute penerbangan ke IKN yang dilayani Susi Air ini pakai pesawat baru, roda perekonomian masyarakat Sulbar juga akan makin bergerak positif dengan adanya rute penerbangan baru ini," tutup Akmal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya